Jellyspotters
Guide & Walkthrough Game

Walkthrough Mother 3 Bahasa Indonesia

Ketika kamu pertama kali memulai permainan, kamu akan diminta untuk memberi nama beberapa karakter dan hal-hal dalam permainan. Untuk mempermudah, tetaplah menggunakan nama default dengan memilih Don't Care (pojok kiri bawah layar). Kamu harus memberi nama semua karakter, makanan favorit kamu, dan hal favorit kamu (Lucas, Claus, Flint, Hinawa, Boney, Omelette, Love).

Setelah itu, kamu memiliki menu di pojok kanan atas di mana kamu dapat memilih untuk mengubah kecepatan teks dan warna jendela. Pilih opsi ketiga dan terakhir ketika kamu puas dengan pilihan kamu. Sekarang setelah kamu menyelesaikan semuanya, permainan akan benar-benar dimulai.

Prologue

Alec's House

Setelah kamu menonton adegan pembukaan, kamu akan mendengar ketukan di pintu rumah Hinawa (di sanalah Lucas, karakter kamu, berada). Adegan akan memperbesar ke dalam kamar Lucas, di mana dia sedang tidur. Lucas akan bangun ketika Claus memanggilnya, dan kamu akan mengendalikan Lucas. Jadi, turunlah ke bawah dan bicaralah dengan Hinawa. Cobalah untuk meninggalkan rumah dan dia akan menyuruhmu untuk berpakaian. Katakan ya dan kamu akan berpakaian di lantai atas. Ketika kamu siap, turunlah kembali dan keluar dari rumah.

Di luar, bicaralah dengan Alec (orang tua yang berdiri dekat rumah), lalu berlari ke jalan yang menuju kanan. Bicaralah dengan katak dan simpan permainan kamu (kamu menyimpan permainan dengan berbicara kepada katak). Setelah kamu melakukannya, pergilah ke kanan ke area berikutnya. Di sana, kamu akan melihat Claus berlatih berlari melawan Drago raksasa. Dia akan memintamu untuk mencobanya sendiri, dan Alec akan muncul untuk menjelaskan cara berlari jika kamu belum tahu caranya (tahan tombol B saat berdiri diam; ketika karakter kamu mengubah sikap, lepaskan sambil menggunakan Control Pad untuk berlari/mengemudi).

Bagaimanapun, gunakan lari untuk menjatuhkan Drago. Setelah selesai, bicaralah lagi dengan Claus. Kemudian, seekor Mole Cricket akan terbang ke area tersebut dan mendarat di depan kamu. Tiba-tiba, pertarungan akan dimulai, mempertemukan Lucas dan Claus melawannya. Ini adalah pertarungan sederhana yang dirancang untuk membiasakan kamu dengan sistem pertempuran. Menangkan pertarungan dengan menyerang beberapa kali, lalu Mole Cricket akan lari.

Setelah musuh melarikan diri, Hinawa akan datang dan menyuruh Lucas dan Claus untuk kembali ke rumah. Setelah Hinawa pergi, Alec akan berbicara tentang menyimpan permainan kamu sebelum kembali ke rumah juga. Adegan berikutnya menunjukkan semua orang di dalam rumah sedang makan malam. Setelah beberapa percakapan, Hinawa akan pergi ke luar dan mengirim surat melalui burung merpati kepada seorang pria bernama Flint. Isi surat akan bergulir di layar juga. Setelah guliran berakhir, Hinawa akan berjalan maju saat sebuah objek besar terbang di atas kepala.

Adegan berikutnya menunjukkan sebuah hutan, dan beberapa ledakan terjadi di dalamnya. Seorang pria keluar dari rumahnya dan berlari ke bawah. Lebih jauh di jalan, beberapa karakter babi menggiring beberapa hewan ke kiri sebelum meledakkan bom lagi, menyebabkan lebih banyak kebakaran. Desa Tatsumairi dalam kepanikan, karena banyak penduduk desa yang berlarian mencari keselamatan. Pada titik ini, Chapter pertama permainan dimulai.

Chapter 1 - Night of the Funeral

Twins House

Adegan berikutnya menunjukkan seorang pria bernama Thomas berlari menuju rumah Flint, dan mengetuk pintunya dengan keras. Di dalam rumah, kamu akan mengendalikan Flint. Keluar dari rumah ke arah bawah dan bicaralah dengan Thomas di luar. Setujuilah untuk membantunya dengan mengatakan ya, dan Thomas akan bergabung dengan party. Sebagai catatan yang berlaku di beberapa titik dalam permainan ini, akan ada orang yang sementara bergabung. Mereka mungkin mencoba membantu dalam pertempuran, tetapi kamu tidak bisa melengkapi mereka dengan perlengkapan atau menaikkan level mereka.

Sebelum pergi, bicaralah dengan Boney (anjing) dan kamu akan menerima senjata Ordinary Pole untuk Flint. Pastikan untuk melengkapinya segera! Bagaimanapun, pergilah ke kanan dan ke atas sepanjang jalan dari rumah Flint. Bicaralah dengan katak dan simpan permainan kamu. Lalu, lanjutkan ke atas sepanjang jalan utama. Ambillah jalan memutar ke kanan untuk mencapai kotak hadiah yang berisi Nut Bread. Lanjutkan ke atas jalan utama menuju area desa utama.

Central Plaza

Di desa itu sendiri, pergilah ke atas menuju area pusat di dekat sumur. Tepat setelahnya dan ke kanan, kamu akan menemukan seorang pria duduk di bangku. Bicaralah dengannya untuk menerima Peta, yang akan masuk ke menu Key Items kamu. Peta ini mencakup semua area sekitarnya; lihat dengan menekan tombol R. Lanjutkan ke atas melalui gerbang desa karena kamu belum diizinkan pergi ke arah kanan/kiri, simpan permainanmu di katak, dan masuk ke area berikutnya. Di persimpangan jalan, pergilah ke kiri menuju hutan.

Teri Forest

Ketika kamu memasuki hutan, pergilah ke kiri dan lewati bangunan terlebih dahulu. Kamu akan melihat sekelompok orang berkumpul di depan; saat kamu mendekati mereka, seorang pria akan keluar dari bangunan dan berbicara denganmu. Katakan tidak kepadanya, dan dia akan menyuruhmu masuk ke dalam dan memberikan namamu.

Sanctuary

Di dalam ruangan, maju ke panel dinding dan periksalah untuk menyembuhkan diri sepenuhnya. Kamu kemudian akan diminta untuk memasukkan namamu (tidak harus nama karaktermu), jadi lakukan itu. Setelah melakukannya, kamu akan ditanya apakah kamu membuat kesalahan. Pilih ya untuk melanjutkan, lalu pilih ya sekali lagi untuk keluar. Simpan permainan melalui katak dan keluar kembali.

Teri Forest

Setelah kamu memasukkan namamu, kamu sekarang diizinkan untuk melanjutkan, jadi pergilah ke kiri atas ke area berikutnya. Di sana, bicaralah dengan pria bernama Mike yang berdiri di dekatnya. Setiap kali kamu berbicara dengannya, dia akan memberimu Nut Cookie, jadi ingat ini jika kamu membutuhkan pemulihan cepat di daerah ini. Pergi ke kanan dan atas, dan kamu kemungkinan akan bertemu dengan musuh Mr. Bat. Pergilah ke kiri dan kamu akan melihat seorang pria mengetuk pintu kabin.

Jika kamu perlu memulihkan diri, ada mata air panas di sebelah kiri, di mana kamu bisa berdiri sebentar untuk pulih sepenuhnya. Di sebelah kabin, buka kotak hadiah untuk mendapatkan Goat Bracelet. Bicaralah dengan Matt, yang sedang mengetuk pintu, lalu pergilah ke kanan dan atas ke segmen hutan berikutnya. Ini adalah bagian yang benar-benar terbakar, dan kamu bisa terluka dengan berjalan di atas area yang terbakar, jadi berhati-hatilah saat berlari di sekitar!

Bagaimanapun, pergilah ke kiri atas dan kamu akan melihat pria babi. Mereka akan membuka kotak yang melepaskan tiga lalat ke daerah tersebut sebelum dia melarikan diri. Jadi, lanjutkan ke arah atas sambil mengelilingi api. Jika kamu mau, pergi ke pojok kanan atas untuk menemukan kotak hadiah dengan Nut Bread di dalamnya. Di ujung atas area ini, bicaralah dengan pria bernama Lighter yang tampaknya terluka. Thomas akan tetap bersamanya, memungkinkanmu untuk melanjutkan. Pulihkan dirimu sepenuhnya terlebih dahulu, lalu coba keluar ke arah atas. Kamu akan disergap oleh tiga Incendiary Flies lainnya. Kalahkan mereka, lalu pergi ke atas ke segmen berikutnya dari hutan yang terbakar.

Lighter's House

Kamu akan melihat sebuah barel yang bergetar sendiri; periksa untuk menemukan katak yang menyimpan permainanmu. Setelah itu, pergilah ke kanan dan atas menuju rumah Lighter, yang sedang terbakar. Saat kamu mendekat, kamu akan melihat seorang anak laki-laki di lantai atas meminta bantuan, dan kemudian seekor Flying Mouse muncul di jendela. Masuklah ke dalam rumah dengan berlari menabrak pintu.

Di dalam, cobalah naik ke atas dan Flying Mouse akan menyerang. Kalahkan dia dan naiklah ke atas. Pergilah ke sudut kanan bawah ruangan dan terobos papan kayu yang jatuh. Bicaralah dengan anak laki-laki itu dan dia akan bergabung denganmu. Sekarang, keluar dari rumah dengan cara yang sama seperti kamu masuk, sebelum rumah tersebut runtuh. Dengan anak laki-laki di belakangmu, kembali melalui hutan yang terbakar, sampai kamu mencapai area Sanctuary di mana sekelompok orang berkumpul.

Teri Forest

Ketika kamu mencapai kelompok orang tersebut, kamu akan melihat Lighter terbaring di atas meja. Dekatilah mereka dan kalian berdua akan berbicara dengannya sebentar. Tiba-tiba, hujan akan mulai turun, membersihkan abu dari Flint dan anak laki-laki itu. Setelah ini, kalian semua akan kembali ke desa.

Inn

Kembali di kota, kalian semua akan berada di penginapan (Yado). Bicaralah dengan Lighter, kemudian setelah semua dialog selesai, tinggalkan ruangan. Ada dua ruangan lain yang bisa dieksplorasi di dalam penginapan. Ruangan tengah memiliki katak di mana kamu bisa menyimpan permainanmu. Ruangan paling kanan memiliki kotak hadiah yang berisi Antidote (ini akan sangat berguna nanti). Ketika kamu sudah siap, keluarlah kembali.

Central Plaza

Begitu kamu melangkah keluar, Isaac akan mendekat dan berbicara denganmu. Jawablah ya untuk kedua pertanyaannya (sepertinya dia berbicara tentang Hinawa), kemudian kamu akan mengendalikan Flint lagi. Kamu belum diizinkan keluar dari plaza ke arah atas. Oleh karena itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi area di kanan dan kiri kota.

Tidak ada banyak hal yang terjadi di sebelah kanan, tetapi kamu bisa menemukan kotak hadiah berisi Quirky Cheese di dalamnya. Di sebelah kiri plaza, kamu bisa menemukan dua kotak hadiah berisi Nut Bread dan Edible Mushroom. Tempat terakhir untuk dikunjungi sekarang adalah ke arah bawah dari penginapan, kembali menuju rumahmu.

Twins House

Ketika kamu tiba di lokasi tersebut, pergilah ke bawah dan simpan permainanmu dengan berbicara pada katak. Kemudian, berjalan ke arah bawah dan kiri menuju rumah. Ketika kamu mendekat, burung merpati pembawa akan terbangun dan memberimu surat dari Hinawa, yang akan bergulir di layar seperti sebelumnya. Setelah surat itu dibaca, Flint akan masuk ke dalam rumah. Setelah orang-orang yang datang untuk mengunjungi pergi, periksalah bantal biru di tempat tidur untuk istirahat jika kamu mau. Jika tidak, keluarlah kembali.

Ketika kamu kembali ke luar di tengah hujan, Boney akan memanggilmu. Katakan ya dan anjing itu akan bergabung denganmu dalam petualanganmu. Sekarang, pergilah ke kanan dan simpan permainanmu. Lanjutkan ke atas melalui desa, dan ketika kamu mencapai persimpangan jalan, pergilah ke kiri menuju Sanctuary.

Teri Forest

Di area dengan Sanctuary, pergilah ke kiri dan kamu akan bertemu dengan Yoneru dan Wes. Setelah beberapa percakapan, Yoneru akan pergi, jadi ikutilah dia. Lanjutkan ke kiri atas ke area berikutnya, di mana api-api sebelumnya. Karena sudah turun hujan, api sudah tidak ada; ditambah lagi ada musuh-musuh baru (yang lebih sulit) untuk dihadapi. Ini bagus untuk mendapatkan XP jika kamu ingin masuk dan keluar dari area tersebut beberapa kali. Jalan ke kiri sekarang sudah tidak terhalang, jadi masuklah ke sana.

Di sana, pergilah ke kiri dan kamu akan melihat persimpangan jalan. Jika kamu pergi ke bawah dan kanan, kamu akan menemukan kotak hadiah yang berisi Antidote. Jika kamu mengambil jalan ke atas, kamu akan bertemu dengan beberapa musuh lagi. Di sisi kanan ada kotak hadiah dengan Beef Jerky di dalamnya. Menuju ke atas adalah hadiah lain di mana kamu dapat menemukan Mini-Mini Charm. Kemudian, lanjutkan ke atas menuju area berikutnya.

Base Cliffs

Di area ini tepat sebelum Gunung Orishimo, kamu bisa pergi ke kiri atau kanan. Ke arah kiri terdapat katak penyimpanan permainan, serta Yoneru berdiri di dasar tebing. Bicaralah dengannya, lalu pergilah ke sisi kanan di mana sekelompok orang berdiri mengelilingi. Bicaralah dengan pria berrambut hitam, Bronson, tentang pohon tumbang yang menghalangi jalan ke depan. Setelah itu, Lighter akan memasuki area dengan seorang pria lain dan anak yang kamu selamatkan sebelumnya.

Sementara Lighter dan temannya mencoba membersihkan pohon tumbang, pergilah ke kiri lagi. Boney akan berlari ke depan menuju tebing, dan Yoneru akan bertanya apa yang salah. Adegan akan bergulir ke atas tebing, di mana sehelai kain merah tergantung dari cabang. Bicaralah dengan Wes (pria tua itu) dan dia akan bicara sebentar sebelum berbicara dengan Boney. Kamu kemudian harus memberi nama pada karakter baru, yang dikenal sebagai Duster. Setelah ini, Boney akan berlari kembali ke kota dan kembali dengan Duster.

Ketika Duster tiba, Wes akan memintanya untuk membantu menaklukkan tebing. Jadi Duster, dengan item Wall Ladder-nya, akan menciptakan anak tangga logam yang bisa didaki untuk mencapai puncak. Naiklah dan bicaralah dengan Duster untuk meminta bergabung dengan kelompokmu. Kamu juga akan mendapatkan Wall Ladder sebagai item key (dan skill khusus Duster untuk pertempuran). Selanjutnya, periksa cabang terdekat untuk menerima Scrap of Cloth.

Dari sini, masuklah ke gua di kanan. Kalahkan Mischievous Moles dan buka kotak untuk mendapatkan Beef Jerky dan Nut Bread. Keluarlah dan simpan permainan, tetapi sebelum pergi ke kiri, pastikan kamu menggunakan beberapa Nut Bread untuk memulihkan HP semua orang sepenuhnya. Ketika kamu siap, pergilah ke kiri laut untuk menyaksikan adegan dengan pria babi lagi. Mereka akan memiliki mesin yang terpasang dengan caribou robotik. Mereka akan melihatmu dan mengirim monster ini untuk menyerangmu.

Setelah pertempuran bos pertama, pria babi akan mundur ke gunung. Ambil Pig Notebook yang mereka tinggalkan, lalu kembali dan simpan permainanmu sebelum melanjutkan ke area kiri atas. Lanjutkan ke depan dan kamu akan melihat objek terbang dari sebelumnya saat ia melarikan diri. Lanjutkan ke atas dan kanan ke tepi tebing, dan kamu akan melihat bahwa kamu tidak dapat menyeberang. Jadi, kembali ke area sebelumnya dan turun ke tangga, dan masuk kembali ke hutan.

Teri Forest

Di sini, pergilah ke kanan dan Yoneru akan datang dan berbicara denganmu. Boney akan mengikutinya, jadi pergilah ke atas dan bicaralah dengannya lagi. Kemudian, lanjutkan ke area kanan atas.

Neighborhood River

Di area ini, teruslah berjalan sampai seorang anak memanggilmu. Pergilah ke depan ke api unggun dan bicaralah dengan semua orang. Di sini kamu akan bertemu lagi dengan Lucas dan Claus. Cobalah untuk pergi ke kiri atas dan Bronson akan masuk ke area tersebut. Dia akan menyebutkan sesuatu tentang Drago Fang, lalu menyampaikan kabar buruk tentang Hinawa. Flint tentu saja tidak menerimanya dengan baik dan menjadi liar. Setelah menjatuhkan beberapa orang di dekatnya, seseorang muncul dan menjatuhkannya, dan adegan pun berakhir.

Sheriff's Office

Adegan berikutnya menunjukkan Flint di dalam sel penjara di Kantor Sheriff. Bronson akan berbicara sebelum meninggalkanmu sendirian, dan kamu kemudian akan kembali mengendalikan Flint. Periksalah pintu untuk sementara, dan akhirnya Claus akan masuk ke ruangan. Dia akan memberimu apel untuk dimakan sebelum keluar. Pilih untuk memakan apel dan kamu akan menemukan bahwa Claus menyembunyikan sebuah File di dalamnya, yang bisa digunakan untuk melarikan diri dari sel.

Sekarang, periksalah pintu dan gunakan File untuk melarikan diri dari penjara, dan keluar kembali. Di dekat tempat kamu keluar, Duster akan menunggumu. Bicaralah dengannya, lalu pergilah ke kanan menuju plaza pusat sekali lagi.

Central Plaza

Kembali ke kota, kamu akan menemukan bahwa semuanya kembali normal, dan kamu bisa masuk ke semua bangunan. Jika kamu ingin beristirahat/menyimpan, kunjungi Inn di kanan bawah. Thomas's Bazaar terbuka di bawah, tetapi belum ada tujuan yang nyata untukmu saat ini. Jika kamu mengambil jalan kanan keluar dari kota dan mengunjungi Wes di rumahnya, dia akan memberimu Thunder Bomb. Ketika kamu siap untuk melanjutkan, keluarlah ke atas. Di persimpangan jalan, pergilah ke atas menuju Pemakaman.

Cemetery

Di sini, pergilah ke atas dan ke kanan untuk menemukan sekelompok orang berdiri di sepanjang jalan. Lewati mereka dan masuk ke area berikutnya, di mana makam Hinawa berada. Lucas dan Claus akan ada di sini, begitu juga Alec. Bicaralah dengan Alec dan dia akan menyuruh Lucas dan Claus pergi, sambil menyebutkan sesuatu lagi tentang Drago Fang. Setelah adegan ini, keluarlah dari sini dan pergilah ke bawah kembali ke kota.

Central Plaza

Di kota, bicaralah dengan pria di bangku dan dia akan menandai tujuan baru di peta kamu. Kemudian, pergilah ke ujung bawah plaza dan kamu akan melihat bazaar. Masuk ke rumah di sebelah kiri bazaar dan bicaralah dengan Bronson di dalam. Dia akan memberimu Drago Fang. Keluar dari rumah dan ambil jalan ke kiri keluar dari plaza. Jika kamu pergi ke paling kiri (cek peta kamu) dan bicara dengan Lighter di dataran tinggi, dia akan memberimu Brave Bandana, jadi pastikan untuk memakainya.

Setelah selesai menjelajah, pergilah ke atas keluar dari kota, dan ke kiri di persimpangan menuju hutan.

Teri Forest

Kembali ke hutan, kamu akan menemukan musuh yang semakin sulit sekarang setelah hujan berhenti. Bite Snakes bisa merepotkan karena mereka meracunimu, tapi untungnya mereka juga menjatuhkan Antidote. Musuh Flying Mouse juga tangguh, jadi berhati-hatilah jika Hp rendah. Ketika kamu mencapai bagian yang terbakar sebelumnya, ambil jalan ke kiri, lalu teruslah menuju ke atas untuk mencapai tebing.

Base Cliffs

Di area bawah tebing, kamu akan melihat beberapa musuh baru juga: Walking Bush (hanya menyerang jika kamu memeriksanya setelah mengikuti kamu; bahkan menyembuhkanmu selama pertempuran), dan Love Bugs. Kalahkan musuh-musuh di sini, lalu pergilah ke area kanan atas.

Neighborhood River

Di area ini, pergilah ke atas tetapi berhati-hatilah. Ada beberapa Babi yang sangat kuat berkeliaran di sini. Simpan permainanmu sebelum melanjutkan ke atas. Di adegan berikutnya, pergilah ke kanan atas untuk menemukan sebuah kotak hadiah yang berisi Water Bracelet. Ada juga Mischievous Moles dan Rock Lizards (batu-batu besar yang bergerak) untuk dilawan, jadi bersiaplah. Ada papan kayu yang bisa kamu injak di atas, yang akan membawamu ke tebing. Kalahkan beberapa musuh lagi di sini, lalu lanjutkan ke kanan atas ke rumah Alec.

Alec's House

Setelah kamu tiba di area ini dari Prolog, pergilah ke atas masuk ke dalam rumah. Bicaralah dengan Alec dan dia akan bergabung dengan kelompokmu. Keluarlah bersamanya dan dia akan menyebutkan tentang sekelompok katak yang akan membantumu menuju tujuan berikutnya. Kamu juga akan melihat sebuah kadal merah dalam bentuk panah di dekatnya. Alec akan menyebutkan bahwa mereka akan membantumu menuju lokasi yang tepat jika kamu berbicara dengan mereka. Kamu bisa melakukannya jika mau, tapi panduan ini akan membantumu melewatinya. Jadi, kembali ke bawah ke area sebelumnya.

Neighborhood River

Kembali di sini, pergilah ke bawah menuju papan kayu dan lintasilah, kemudian terus ke bawah ke bagian berikutnya. Di sana, pergilah ke bawah dan ke kanan menuju tepi sungai. Bicaralah dengan katak di sebelah kanan dan jembatan dari katak akan terbentuk mengarah melintasi sungai. Melompatlah melewati mereka dan lanjutkan ke kanan ke area baru.

Eoria's House

Di area baru ini, simpan permainanmu dengan katak di dekat pintu masuk. Di sini juga ada mata air panas untuk pemulihan HP, jika kamu ingin melawan lebih banyak musuh di luar. Ketika kamu siap untuk melanjutkan, pergilah ke atas melintasi jembatan ke dalam rumah kerang. Di dalamnya, bicaralah dengan pria berpakaian wanita di sebelah kanan Eoria (yang duduk di kursi). Setelah percakapan panjang dengan mereka semua, tinggalkan rumah tersebut.

Di luar, Flint akan bertanya sesuatu tentang Claus. Jawab ya, dan kamu akan mendapatkan kendali lagi. Simpan permainanmu melalui katak, lalu berjalanlah di sepanjang jalan mengelilingi air, dan masuklah ke gua di kanan atas.

Dark Cave

Ketika kamu memasuki gua ini, kamu akan melihat bahwa pencahayaan sangat terbatas, kamu bisa sedikit melihat dinding di sekitar kamu. Alec mengatakan bahwa dia akan membimbing kamu melewati gua ini dengan aman, jadi ikutilah dia ke persimpangan pertama ke kiri. Jika kamu pergi ke atas dari sini, kamu dapat melawan 3 Mr. Bat dan membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Quirky Cheese. Kembali ke jalur utama, pergilah ke kiri ke persimpangan berikutnya. Pergilah ke atas karena itu adalah satu-satunya cara yang bisa kamu tempuh, dan jatuhkan diri ke lubang yang kamu temui.

Setelah kamu mendarat di ruangan di bawahnya, pergilah ke kanan. Hadapi Rock Lizard dan buka kotak hadiah untuk mendapatkan Beef Jerky. Lanjut ke bawah dari sini, dan terus ikuti jalur hingga ke persimpangan berikutnya. Jika kamu ingin kembali ke level atas dan keluar dari gua, terus ke kanan dan atas ke pohon anggur untuk memanjat. Jika tidak, lanjut ke bawah lebih jauh. Buka kotak hadiah untuk menemukan Exploding Bomb, kemudian ke kiri ke pohon anggur dan naik ke ruangan di atasnya.

Di lantai atas, pergilah ke kanan dan kemudian ke arah atas. Kamu akan segera sampai di pohon anggur lainnya, jadi panjatlah untuk mencapai lereng atas. Hadapi musuh-musuh yang berlarian, lalu naik ke beberapa pohon anggur berikutnya untuk kembali ke luar lagi.

Summit

Di luar sini, kamu akan menemukan bahwa kamu sekarang berada di sisi lain dari celah yang sebelumnya tidak bisa kamu lewati. Kalahkan Rock Lizard di sini, lalu masuklah ke gua.

Cave

Di dalam sini, bicaralah dengan katak untuk menyimpan permainan kamu. Kemudian, naiklah tangga ke tebing di atas. Buka kotak untuk menemukan Beef Jerky lagi, lalu teruskan ke atas. Di sana kamu akan bertemu dengan para babi sekali lagi. Ketika mereka melihat kamu, mereka akan lari keluar. Namun, jika kamu perlu memulihkan HP di area ini, cukup periksa mesin mereka yang dipasang di sana. Kembali turun dan keluar ke kanan juga.

Dragon Plateau

Ketika kamu kelua dan saksikan UFO melarikan diri. Ada beberapa musuh baru di sini juga, termasuk Taitani dan Vulture. Bagaimanapun, pergilah ke atas melalui area ini di sepanjang sungai, sambil melawan musuh-musuh ini. Jika kamu menyeberangi berbagai jembatan yang mengarah ke sisi kanan, kotak-kotak hadiah di sana semua berisi Beef Jerky. Jika kamu pergi ke atas dan membuka kotak hadiah di kiri, kamu akan mendapatkan senjata New Timber untuk Flint, jadi pastikan untuk segera melengkapinya!

Dari sini, lanjutkan menuju area berikutnya. Pulihkan dan simpan dengan katak dekat pintu masuk, lalu teruskan perjalanan. Kamu akan melihat seekor naga muda mengunyah sebuah sepatu sebelum ia lari. Ambillah Sepat, yang tampaknya milik Claus. Pergilah ke atas ke kotak hadiah yang berisi Nut Bread, lalu lanjutkan ke kiri sambil mengalahkan beberapa Pohon.

Di ujung area ini, buka kotak hadiah terakhir untuk mendapatkan Beef Jerky. Sekarang, pulihkan semua HP kamu sebelum melanjutkan. Ketika kamu siap, pergilah ke atas dan kamu akan menemukan sepatu lainnya. Saat kamu memeriksanya, Mecha-Drago akan menghadangmu dari balik bebatuan. Segera setelah itu, pertarungan bos akan dimulai.

Mecha-Drago

HP: 730 | Exp: 486
Strategy: Perhatikan bahwa kamu tidak dapat menyakitinya, perlu menggunakan Drago Fang cukup melemahkannya sehingga dapat menyerangnya.

Setelah pertarungan selesai, naga muda akan datang. Adegan akan menunjukkan Lucas terbaring tak sadarkan diri di bawah, dan kemudian beberapa teks akan bergulir di layar. Setelah ini, layar akan menjadi gelap dan kamu akan diberi opsi untuk menyimpan permainan. Jawab ya dan simpan pada titik ini. Adegan berikutnya menunjukkan percakapan Flint dan Duster sebelumnya di luar kantor Sheriff. Setelah ini, chapter kedua dimulai.

Chapter 2 - Thief's Adventure

Duster's House

Adegan pembuka akan menunjukkan percakapan antara Duster dan Wes di rumah mereka. Pilih ya ketika diberikan opsi, dan Wes akan melanjutkan berbicara tentang Kastil Osohe. Setelah beberapa percakapan lagi, pilih ya sekali lagi dan Wes akan menyuruhmu turun ke bawah untuk mengumpulkan barang-barang yang ada di sana. Jadi, dengan Duster, pergilah ke bawah dan buka kotak hadiah untuk menerima alat skill! Sekarang setelah Duster siap, kembalilah ke atas dan keluar dari rumah.

Di luar, periksa di belakang rumah dan kamu akan menerima Thunder Bomb. Kemudian, pergilah ke bawah dan kiri menuju jembatan. Bicaralah dengan Mapson di jembatan dan dia akan menandai kastil di peta. Sekarang, pergilah menuju kota.

Central Plaza

Di kota, pergilah menuju pintu keluar atas. Saat kamu mendekat, kamu akan dihentikan oleh seorang pria dan monyet kecilnya. Setelah mereka lewat, lanjutkan ke atas dan kamu akan melihat seorang yang tampaknya sedang merampok sebuah tas. Bicaralah dengannya sebentar dan dia akan membawamu ke sumur di tengah kota. Setelah itu selesai, lanjutkan ke atas dan simpan permainanmu dengan katak sebelum melanjutkan perjalanan. Di persimpangan jalan, kamu akan menyaksikan adegan singkat di mana sebuah helikopter menjatuhkan beberapa bola dari atas. Setelah itu, teruslah berjalan ke atas menuju pemakaman.

Cemetery

Di sini, kamu akan disergap oleh 4 zombie yang akan mengelilingimu sebelum menyerang. Kalahkan mereka, lalu lanjutkan ke atas ke area berikutnya.

Castle Osohe Entrance

Saat kamu tiba di sini, berjalanlah ke depan dan kamu akan melihat bahwa jembatan angkatnya sedang terangkat, yang berarti kamu tidak bisa langsung masuk. Cobalah untuk keluar dari area tersebut dan sebuah suara akan berbicara kepadamu sebentar. Setelah selesai, kembali ke kuburan.

Cemetery

Saat kamu kembali, si penggali kubur akan masuk ke gubuk terdekat. Akan ada musuh yang berkeliaran di sekitar kuburan, jadi kamu bisa melawan mereka untuk menaikkan level Duster (kamu sebaiknya melakukannya). Perlu dicatat bahwa jika kamu perlu memulihkan HP, kamu bisa selalu kembali ke Penginapan di kota. Bagaimanapun, lawan beberapa musuh jika kamu mau (batu nisan akan terlalu sulit untukmu, jadi fokuslah pada zombie), lalu masuk ke gubuk tempat orang tua itu berada.

Nipporito's Cabin

Di dalam, turun ke ruang bawah tanah. Periksa kotak hadiah untuk mendapatkan Keju dan Beef Jerky. Pulihkan HP-mu dan simpan permainan dengan katak, lalu dorong rak buku di belakang ke samping dan masuk melalui bukaan di dinding.

Murky Cave

Di ruangan keruh yang kamu masuki, ikuti jalan melalui lorong-lorong sambil mengalahkan Separated Leeches dan Red Lobsters yang kamu temui. Buka kotak hadiah di sepanjang jalan untuk menemukan Exploding Bomb. Di bagian kedua dari lorong ini, pergi ke kanan dan lawan lebih banyak leeches. Buka kotak untuk mendapatkan Nut Bread, lalu naik tangga untuk keluar dari gua ini.

Castle Osohe Entrance

Ketika kamu muncul di taman istana, pergilah ke atas. Kamu akan melihat bagian dari dinding istana yang terlihat berbeda; periksa dan Duster akan menggunakan keterampilan Wall Ladder-nya untuk membuat tangga di sepanjang dinding tersebut. Di atas, pergilah ke kiri dan masuk ke dalam istana.

Castle Osohe

Pergi ke kanan dan berlari ke depan patung yang kamu lihat dan tabrak. Ini akan menjatuhkan bola raksasa dari patung, membuat lubang besar muncul di lantai. Loncatlah ke ruangan di bawah dan buka kotak hadiah untuk menemukan bahwa itu hanyalah lelucon. Bagaimanapun juga, masuklah ke ruangan kanan. Turuni tangga dan buka kotak hadiah yang sebenarnya untuk mendapatkan Fresh Mint.

Dari sini, turuni tangga dan lanjutkan ke ruangan kiri. Di sana, buka pintu utama ke istana dengan memeriksa pintu bawah. Kemudian, masuklah ke ruang kiri. Di sana, periksa kotak hadiah untuk mendapatkan Fresh Mint lainnya. Jika kamu turun tangga ke ruangan di bawah, kamu akan menemukan mata air panas di mana kamu dapat memulihkan HP. Kembali naik dan simpan permainan, kemudian tinggalkan ruangan (ingat ruangan ini untuk istirahat).

Kali ini di aula utama, pergilah ke atas. Sekarang kamu akan berada di ruangan dengan 3 pintu di depanmu. Kalahkan 2 Stinky Ghosts di ruangan itu, kemudian kamu bisa masuk ke salah satu ruangan. Ruangan tengah adalah tempat Ghost Bazaar berada. Di sana, kamu bisa menukar Rotten Eclairs yang kamu dapatkan dari musuh tertentu, seperti zombie dan hantu, dengan barang-barang yang mungkin kamu perlukan. Item tengah, Snake Rope, adalah sesuatu yang pasti kamu butuhkan segera, jadi dapatkan sekarang. Jika kamu masuk pintu kiri laut, kamu bisa melawan beberapa musuh Spider! dan membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Rotten Eclair.

Keluar dari ruangan ini dan kamu akan kembali ke aula di mana Stinky Ghosts muncul. Jika kamu masuk pintu kanan, kamu bisa membuka dua kotak hadiah di sana untuk mendapatkan Old Milk dan Beef Jerky. Juga, kamu bisa turun tangga ke ruang bawah tanah, tetapi itu jalan buntu untuk saat ini. Jadi, kembali ke ruangan dengan 3 pintu dan masuk ke ruangan kiri. Naik tangga dan kalahkan musuh Spider! sebelum melanjutkan ke ruangan kanan di atas tangga.

Di lorong panjang ini, ada baju Armor Ghost yang akan menyerangmu saat kamu melewatinya. Jika kamu masuk ke ruangan kiri, kamu bisa membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Chick's Bandana. Selain itu, jika kamu ingin pintasan ke ruang mata air panas, periksa perapian kosong. Bagaimanapun, tinggalkan ruangan dan pergi ke ujung lorong, lalu masuk ke ruangan di ujung lainnya.

Ketika kamu masuk ke ruangan ini, akan terlihat seperti ada pesta yang sedang berlangsung. Saat kamu berjalan-jalan, berbagai hantu akan muncul. Jika kamu berbicara dengan yang ada di sisi kanan ruangan dan menjawab ya, dia akan memberimu Rotten Eclair (kamu bisa melakukannya sebanyak yang kamu inginkan). Juga, dengan berbicara pada hantu pertama di ruangan saat masuk, kamu akan mendapatkan buku Battle Memories (item kunci). Selanjutnya, masuklah ke ruangan kanan bawah dan lawanlah Violent Roaches yang kamu temui, kemudian buka kotak hadiah di dekatnya untuk mendapatkan kunci Castle Osohe Sketch.

Periksa wadah berdentum di atas meja untuk melawan Strawberry Slime, kemudian kembali ke ruangan sebelumnya. Kembali ke ruangan pesta, periksa dinding di atas meja dan kamu akan melihat bagian yang berbeda warna, seperti ketika kamu berada di taman istana. Bagaimanapun, periksa dan gunakan Wall Ladder untuk masuk ke ruangan tersembunyi di atas. Di atas, berbicaralah dengan hantu di sebelah celah, dan kamu bisa menukarnya dengan Rotten Eclairs untuk mendapatkan Beef Jerky.

Selain itu, pergi ke kanan ke ruangan samping dan buka kotak hadiah untuk menemukan hantu jahil dan Water Bracelet. Kembali naik ke ruangan yang baru saja kamu datangi, dan dekati celah di depan. Karena seharusnya kamu memiliki Snake Rope (jika belum, dapatkan dari Ghost Bazaar). Di sisi lain, lawan Carpet Monster dan bicaralah dengan hantu yang berdiri di depan pintu. Dia akan bergerak, memungkinkanmu masuk ke ruangan itu. Buka kotak hadiah di sudut kiri untuk menemukan Brave Shoes untuk Duster. Hati-hati di sini karena kamu mungkin harus melawan Ghost Knight (pastikan HP-mu tinggi sebelum bertarung).

Setelah itu, tinggalkan ruangan dan lanjutkan ke kiri ke lantai keempat. Saat kamu masuk ke ruangan, kamu akan melihat seorang anak berlari masuk ke ruangan di ujung tangga. Simpan permainan, kemudian naik ke ruang itu juga. Saat kamu mencapai pintu, periksa objek berkilau untuk mendapatkan Pendant, lalu masuk ke ruangan itu. Turuni lorong, kalahkan Ghost Rocking Horses yang kamu lihat.

Namun, di ruangan berikutnya, ada 4 pintu di sepanjang dinding atas, tetapi dua di tengah adalah Trap Doors (bisa dilihat dari celah yang lebih gelap di bawah mereka, jika kamu melihat). Lawan atau hindari mereka sesuai keinginanmu, dan masuk ke ruangan paling kanan. Di sana, pastikan HP-mu cukup, lalu bicaralah dengan komposer hantu di depanmu. Jawab tidak pada pertanyaannya dan dia akan menantangmu dalam pertempuran.

Mr. Passion

HP: 650 | Exp: 340
Ini cukup mudah untuk dikalahkan, namun serangannya bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak hati-hati. Dia bisa menyerang sekali dengan kerusakan 10-20HP, atau dengan beberapa serangan lemah secara berturut-turut. Setelah beberapa saat, Mr. Passion mungkin mencoba meningkatkan serangannya sendiri. Gunakan Skill Tickler Stick milik Duster untuk menurunkan pertahanan bos agar sedikit lebih mudah (atau Fear Mask untuk menurunkan serangannya setelah ditingkatkan). Selain itu, teruslah menyerang bos tersebut, hanya berhenti untuk memulihkan HP jika diperlukan (di bawah 60HP atau sekitar itu).

Setelah pertempuran, bicaralah dengan tikus dan istirahatlah di sofa untuk memulihkan HP sepenuhnya. Sekarang, masuklah ke ruangan terakhir di atas. Di sana, periksa tong berkilau di tengah area dan kamu akan menerima Sublime Vase. Sekarang kamu sudah memiliki barang yang kamu inginkan ke istana ini, tinggalkan ruangan ini dan periksa perapian untuk kembali ke ruang mata air panas. Turun tangga dan istirahatlah di mata air, lalu simpan permainan sebelum meninggalkan ruangan. Di lorong, pergilah ke bawah untuk keluar dari istana.

Castle Osohe Entrance

Sekarang setelah kamu berada di luar lagi, cobalah keluar dari halaman istana melalui lorong bawah tanah yang kamu masuki sebelumnya. Namun, karena sudah terang di luar, gerbang akan tertutup, dan pria tua akan berdiri di sebelahnya. Bicaralah dengannya dan dia akan memberimu Drawbridge Key, serta menyebutkan sesuatu, pergi menemui Wes. Dengan kunci tersebut, pergilah ke ujung bawah taman dan gunakan kunci itu untuk menurunkan jembatan. Dari sini, pergilah ke bawah untuk keluar dari area tersebut.

Cemetery

Kembali di pemakaman, para zombie sudah tidak ada karena matahari sekarang bersinar. Jadi, lanjutkan ke arah bawah menuju alun-alun desa.

Central Plaza

Di sini lagi, beristirahat dan simpan permainan di penginapan jika kamu mau. Juga, pastikan untuk mengunjungi Thomas' Bazaar dan ambil set pertama barang yang dia tawarkan. Kemudian, kembali untuk kedua kalinya dan kamu akan bisa mendapatkan Flea Charm untuk Duster. Setelah itu, ambillah jalan keluar dari desa ke kanan.

Duster's House

Di area ini, seberangi jembatan dan menuju ke atas bukit untuk masuk ke rumah Duster. Di sana, bicaralah dengan Wes dan kamu akan menunjukkan Sublime Vase yang baru saja kamu ambil dari istana. Ternyata ini bukan vas yang dia inginkan, dan Wes akan marah sebentar. Setelah beberapa dialog, dia akan bergabung dengan partymu sebagai anggota sementara. Sekarang, tinggalkan rumah dan kembali ke kota.

Central Plaza

Kembali di sini, menuju ke kiri dan ke atas menuju area persimpangan. Saat kamu masuk ke area itu, kamu akan menyaksikan adegan yang menunjukkan tank dan Pig Masks berbaris menuju istana. Ketika kamu mendapatkan kendali kembali, menuju ke atas melalui pemakaman, menuju halaman istana.

Castle Osohe Entrance

Saat kamu tiba di sini, kamu akan melihat bahwa taman istana dalam keadaan hancur, dan tank-tank menduduki area di luar istana. Tank-tank tersebut tidak akan menembakmu, jadi jangan terlalu khawatir saat kamu menuju ke dalam istana.

Castle Osohe

Saat kamu masuk ke dalam istana, maju ke depan dan kamu akan dihadapkan oleh Pig Masks dan patung tanah liat. Mereka akan mengaktifkan patung tersebut, yang akan menyerangmu. Setelah pertempuran, Pig Masks akan mundur lebih jauh ke dalam istana. Masuk ke ruangan sebelah kiri agar kamu bisa menyimpan permainanmu dan berendam di mata air panas. Kemudian, kembali ke lorong utama dan menuju ke atas.

Sekarang kamu akan bertemu Pig Masks di seluruh istana, jadi bersiaplah untuk bertarung saat kamu menjelajah. Gunakan peta dan naiklah ke ruangan di mana kamu awalnya menemukan Sublime Vase. Pastikan untuk beristirahat di sofa di ruangan sebelumnya (tempat tikus berada). Kemudian, di ruangan terakhir dengan desain dinding, periksa wajah di dinding dan Wes akan menyuruhmu untuk berpaling. Wes akan menari di depan panel dinding ini, yang tampaknya membuatnya terbuka, mengungkapkan beberapa lantai lagi dari istana di peta kamu. Jadi, masuklah ke area baru di sebelah atas.

Di ruangan baru, simpan permainanmu. Periksa taman yang dapat dilihat dari ruangan ini, lalu masuk ke ruangan sebelah kanan. Di sana, kamu akhirnya akan bertemu dengan gadis muda yang kamu lihat sebelumnya. Dia akan mengambil kembali Pendant-nya dari Duster. Setelah sedikit percakapan, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memberinya nama (Kumatora), dan kemudian dia akan bergabung dengan partymu. Bagian yang sangat baik dari memiliki Kumatora adalah kemampuannya menggunakan PSI.

Ketika kamu sudah siap, naiklah ke ruangan berikutnya. Di lorong itu, kalahkan Lingering Spirits (gunakan PK Freeze Alpha Kumatora untuk mengalahkan mereka dengan cepat), lalu gunakan Snake Rope untuk menyeberangi lubang. Di ruangan berikutnya, buka kotak hadiah untuk mendapatkan Flea Charm, lalu simpan permainanmu melalui katak. Naik ke atas, seberangi celah berikutnya dan lawan beberapa musuh lagi sebelum melanjutkan ke tangga berikutnya.

Kalahkan Barrel, lalu lanjutkan naik ke lantai berikutnya. Saat turun di lorong berikutnya, lawan Lingering Spirits dan Osohe Mantles. Seberangi celah di depan, lalu buka kotak hadiah untuk menerima Magic Jelly. Di ruangan berikutnya, kalahkan musuh Barrel Man sebelum naik ke lantai delapan. Sesampainya di sana, seberangi celah dengan menggunakan Snake Rope, dan menuju ke kanan. Akan ada beberapa sapu yang bergerak di sekitar ruangan ini; jika kamu tertangkap oleh salah satu dari mereka, mereka akan menyapumu pergi. Kamu akan muncul kembali di ruangan dengan tempat sampah (ruangan sebelum kamu bertemu Kumatora).

Kembali ke beberapa ruangan dan beristirahat di sofa, simpan permainan dengan katak, lalu kembali naik (mungkin sebenarnya ide yang baik untuk meningkatkan level Kumatora sedikit). Kamu akan melihat bahwa Kumatora tampak berkeringat, dan ini menghalangimu untuk berlari. Saat kamu mencapai ruangan dengan sapu lagi, Kumatora akan mempelajari PK Thunder Alpha, serta PK Life Up Alpha (kamu akan mempelajari PSI lebih lanjut dengan cara yang sama, tetapi Kumatora hanya akan mulai berkeringat setelah mencapai level yang sesuai). Sekarang setelah kamu memiliki beberapa spell baru, masuklah ke ruangan sambil tetap menghindari sapu. Buka kotak hadiah untuk menemukan Beef Jerky dan Blast Bomb.

Masuk ke ruangan kanan dan simpan permainan dengan katak di sana. Kemudian, lanjutkan ke lantai kesembilan. Lewati lorong dan kalahkan beberapa musuh. Di ujungnya, buka kotak untuk menemukan Magic Tart. Dari sana, masuk ke ruangan di sebelah atas. Di sini, maju ke depan dan kamu akan menemukan harta karun sesungguhnya yang dicari Wes. Setelah beberapa percakapan, kamu akan diganggu oleh Pig Masks dan clay men yang mencoba merusak pintu yang mengarah ke ruangan itu.

Ketika Duster mengambil harta karun, sebuah lubang akan terbuka, mengirimkan partymu ke dalam kolam air di ruang bawah tanah istana. Namun, semua tidak aman karena kamu akan melihat bayangan besar mengambang di atas kepala. Kemudian, kamu akan terlibat dalam pertempuran.

Oh So Snake

HP: 1200 | Exp: 568
Weakness: Thunder

Boss ular raksasa ini adalah bos terakhir yang akan kamu hadapi di kastil, dan sebenarnya cukup sulit untuk dikalahkan. Bos ini mampu menyerang Duster dan Kumatora sekaligus, menyebabkan kerusakan sekitar 20HP setiap gilirannya. Selain itu, Oh So Snake memiliki kemampuan yang membuat salah satu anggota timmu tidak dapat bergerak selama beberapa giliran. Karena pertempuran berlangsung di air, Kumatora menggunakan PK Thunder untuk menyerang karena ini adalah serangan PSI yang paling efektif, sementara Duster menyerang secara normal. Oh So Snake akhirnya akan melepaskan gelombang pasang, yang akan mengenai berdua sebesar 50-60HP. Namun, setelah serangan itu, bos tidak menyerang selama beberapa giliran, memberikan kesempatan kepada kamu untuk memulihkan HP (gunakan Life Up). Pada dasarnya, selama kamu dapat menjaga HP tetap tinggi, karena gelombang pasang bisa datang secara tiba-tiba, kamu seharusnya dalam kondisi baik di sini.

Setelah pertempuran, akan muncul sebuah pembukaan di bagian bawah layar dan kamu semua akan terseret arus air.

Duster's House

Adegan selanjutnya menunjukkan Kumatora dan Wes terdampar di pantai dekat rumah. Lighter dan putranya Fuel akan melihat mereka dan membawa mereka kembali ke rumah. Setelah beberapa percakapan, kamu akan mengendalikan Kumatora dan Wes. Jadi, tinggalkan rumah dan menuju ke bawah bukit di depanmu. Melintasi jembatan masuk ke desa.

Central Plaza

Di sini, pergilah ke kiri dan kamu akan dihadapkan oleh sekelompok penduduk desa. Flint dan Boney juga akan muncul selama percakapan ini. Setelah banyak dialog, ringkasan Chapter akan muncul di layar, kemudian layar akan menjadi kosong. Kamu akan diberi pilihan untuk menyimpan permainan, jadi lakukanlah itu. Adegan berikutnya akan menunjukkan Pig Masks mendaratkan kapal mereka di suatu lokasi gurun, dengan dua monyet sebagai tawanan. Setelah itu, Chapter 3 akan dimulai.

Chapter 3 - The Traveling Merchant

Desert of Death

Adegan di padang pasir berlanjut, dengan seorang pria bernama Yokuba berbicara tentang monyet di depannya. Dia menunjukkan choker dengan mengejutkan monyet secara elektrik agar menuruti perintahnya. Segera setelah itu, kamu akan diberi kesempatan untuk memberi nama monyet tersebut (Salsa). Setelah ini, Yokuba (yang tampaknya adalah tuan dari Salsa) akan meminta kamu untuk melakukan beberapa trik. Perhatikan gerakannya, lalu saat empat panah muncul di sekitar kamu, tekan panah yang sesuai untuk melakukan gerakan yang benar (contoh: jika Yokuba bergerak ke kiri, tekan kiri).

Setelah kamu melakukan empat gerakan dengan benar, beberapa dialog lagi akan terjadi, dan Pig Masks akan pergi. Yokuba kemudian akan bergabung dengan kelompok kamu dan kamu akan memiliki kendali atas Salsa. Jadi, periksa tong di dekatnya dan simpan dengan katak yang bersembunyi di dalamnya. Perlu kamu ketahui, Salsa hanya Level 1 dan sangat lemah, jadi Yokuba akan menangani sebagian besar musuh yang kamu hadapi. Ketika kamu siap, masuklah ke area kiri.

Di area terbuka ini, lawan Dung Beetles dan Sand Lizards untuk mendapatkan XP mudah, sehingga Salsa bisa naik beberapa level. Ada kumbang yang duduk di sebelah oasis; jika kamu memiliki Kotoran di inventaris kamu, kumbang itu akan memberi kamu 5 poin XP sebagai gantinya! Ini bisa dilakukan sebanyak yang kamu inginkan. Juga, pastikan untuk membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Nut Bread dan Exploding Bomb. Kemudian, masuklah ke area kanan bawah.

Di sana, pergilah ke kiri menuju kotak hadiah yang berisi pisang yang akan dimakan dan dibuang oleh Yokuba ke tanah. Ini agak tidak relevan, jadi ambil jalan yang benar menuju bawah. Lawan berbagai musuh di area ini, meskipun sedikit lebih sulit, dan buka kotak hadiah untuk menemukan Beef Jerky, Insecticide, dan Bom Berlari lainnya.

Ada beberapa jalan yang bisa kamu ambil ke area berikutnya dari sini. Jika kamu mengambil jalan tengah ke arah atas, kamu akan sampai di area di mana ada seekor katak yang terjebak di pusaran air. Kalahkan Giant Ant Lion dan bebaskan katak itu sehingga kamu bisa menyimpan permainanmu. Jika kamu mengambil jalan paling kiri, kamu akan sampai di area di mana kotoran bisa diambil secara gratis (dan akan muncul kembali ketika kamu masuk lagi ke area tersebut).

Jika kamu mengambil jalan kiri atas, menuju ke atas dari tumpukan tulang, kamu akan sampai di area baru yang besar. Ikuti jalan yang mengarah ke atas dan kamu akan sampai di sebuah bangunan dengan seekor serigala duduk di depannya. Sebelum kamu mendekat, buka kotak hadiah untuk mendapatkan Water Bracelet (lengkapi Salsa dengan itu). Pastikan HP Salsa penuh, lalu dekati Serigala Kaktus untuk bertarung dengan bos. Baca bagian tersebut untuk bantuan mengalahkan makhluk ini jika kamu membutuhkannya. Setelah pertarungan, periksa pintu untuk masuk ke bangunan berbentuk kubah.

Underground Passage

Di dalam, pergilah ke bawah dan buka kotak untuk mendapatkan Insecticide. Kalahkan Violent Roaches di depan dan buka kotak berwarna pucat untuk menemukan Underground Passage Map. Di ruangan berikutnya, Yokuba akan berbicara kepada Salsa tentang kapal hi-tech Pork Bean yang ada di depanmu. Periksa kotak hadiah di sini untuk menemukan Old Banana dan Beef Jerky. Jika kamu perlu memulihkan HP, periksa mesin di pojok kiri atas ruangan. Kamu juga bisa menyimpan permainan dengan katak yang ada di sana.

Ketika kamu siap untuk melanjutkan, turunlah tangga dan periksa Pork Bean, yaitu kapal berbentuk kapsul di depanmu. Setelah beberapa dialog (pada dasarnya memberi tahu bahwa kamu bisa keluar dengan menekan B), periksa kapal dan naiklah, lalu pergi ke kiri (ke kanan adalah jalan buntu). Ada musuh Giant Pill Bug di sepanjang terowongan.

Ketika kamu mencapai ruangan besar di ujung terowongan, turun dan pergilah ke bawah. Buka kotak hadiah di sana untuk mendapatkan Nut Bread dan Chick's Bandana. Naiklah tangga di pojok kiri atas ke katak penyimpan, lalu masuklah ke ruangan sebelah kiri. Di sana, kalahkan beberapa Giant Pill Bugs dan buka kotak-kotak untuk mendapatkan Insecticide lain dan Exploding Bomb. Periksa lendir yang menghalangi tangga dan kamu harus melawan mereka. Kalahkan tiga Sticky Sticky Slimes, lalu naik tangga untuk muncul di Cemetery.

Cemetery

Setelah kamu memanjat keluar dari bawah sebuah batu nisan di pemakaman (yang memiliki panah mengarah ke bawah, jika kamu ingin kembali ke terowongan), Yokuba mengatakan untuk menuju ke bawah menuju penginapan. Lanjutkan dengan hati-hati karena ada zombie dan musuh batu nisan di sini. Bagaimanapun, teruslah bergerak ke bawah melalui beberapa area sampai kamu kembali ke kota.

Central Plaza

Di sini, bicaralah dengan pria yang berdiri di sebelah tas. Setelah percakapan itu, lanjutkan ke bawah dan kamu akan kebetulan melewati Duster. Adegan akan menunjukkan percakapan antara Duster dan pria pertama itu, tampaknya tentang uang dan harta karun. Mereka berjalan ke sumur kota dan berbicara, sebelum Duster pergi. Sementara itu, Salsa dan Yokuba bersembunyi di belakang sumur mendengarkan percakapan tersebut. Setelah kamu selesai di sini, masuklah ke dalam penginapan (YADO).

Inn

Di dalam penginapan, pergilah ke meja resepsionis dan bicaralah dengan pria di belakangnya, dan Yokuba akan meminta sebuah kamar. Seorang wanita akan datang dan berbicara dengan Yokuba tentang Salsa, dan kemudian dia akan bergerak dengan cara tertentu dan meminta Salsa (kamu) untuk menari, seperti sebelumnya. Tekan arah yang tepat dan wanita itu akan terhibur saat Yokuba masuk ke kamarnya. Masuklah ke pintu kedua di sebelah kanan dan kamu berdua akan tertidur di dalamnya.

Namun, di tengah malam, Yokuba akan bangun dan meninggalkanmu sendirian di dalam ruangan. Dengan kendali atas Salsa, simpan permainanmu dengan katak, lalu tinggalkan ruangan dan penginapan sepenuhnya.

Central Plaza

Di luar, pergilah ke kiri dan kamu akan menyaksikan adegan dengan Yokuba yang sedang berbicara di ponselnya tentang Castle Osohe. Ketika kamu bisa menggerakkan Salsa, coba pergi ke atas tetapi kamu akan terkejut beberapa kali. Yokuba akan mendekat dan membuatmu menari sesuai dengan gerakannya. Lakukan ini dengan benar, dan kemudian adegan akan berakhir. Adegan kilas balik akan terjadi, memutar ulang adegan yang membuka Chapter ini di padang pasir. Setelah itu, kamu akan kembali ke penginapan untuk sisa malam.

Keesokan paginya, keluarlah dari penginapan dan kamu akan melihat sekelompok orang menuju pusat kota. Salsa dan Yokuba akan berada di sana, dan kamu harus melakukan rutinitas tarian sebagai Salsa lagi. Setelah sedikit desakan (dan beberapa orang pergi), beberapa orang akan mengangkat tangan mereka. Sebagai Salsa, bicaralah dengan masing-masing dari mereka, kemudian bicaralah dengan Yokuba. Setelah beberapa tarian lagi, kamu akan kembali ke penginapan.

Inn

Di dalam penginapan sekali lagi, Yokuba akan berbicara di telepon lagi. Setelah dia menutup telepon, dia akan bicara sebentar tentang melakukan pengiriman kepada orang-orang yang mengangkat tangan mereka sebelumnya. Katakan ya ketika dia bertanya kepadamu, dan kemudian kamu akan memiliki kendali atas Salsa lagi. Simpan permainan dengan katak, lalu tinggalkan penginapan.

Central Plaza

Karena kamu sendirian saat ini, perlu melakukan beberapa pengiriman. Jadi, pergilah ke atas sampai ke kuburan.

Cemetery

Di sini, pergilah ke atas dan bicaralah dengan Mapson yang sedang berdiri di sekitar. Dia akan mengelilingi 3 lokasi di peta kamu, menunjukkan di mana harus mengirim 3 dari 4 kotak di atas (kamu hanya perlu melakukan 3 pengiriman, jangan khawatir tentang yang keempat). Setelah kamu melakukan semua pengiriman, kembali ke penginapan dan bicaralah dengan Yokuba, dan dia akan bergabung kembali denganmu. Kembali ke pemakaman, dan lanjutkan menuju ke area kastil.

Castle Osohe

Di dalam kastil, lanjutlah ke depan dan bicaralah dengan Pig Masks. Setelah mereka pergi, masuklah ke ruangan atas, di mana ada 3 pintu di depanmu. Naiklah tangga di sebelah kiri dan kamu akan berada di lantai atas. Jalanlah di lorong dan masuklah ke ruangan kanan, yang sebelumnya adalah ruang pesta. Sekarang, ruangan itu akan diisi oleh Pig Masks. Lanjutkan ke ruangan kanan bawah, di mana semua hantu bersembunyi. Bicaralah dengan mereka dan salah satu akan memberikanmu sisa peta (yang hanya bisa dilihat saat kamu berada di ruangan itu, anehnya).

Sekarang, tidak ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di lantai atas, jadi kembali ke lantai pertama dan menuju ke pintu keluar kastil. Saat kamu menuju ke pintu keluar, kamu akan berhenti dan Yokuba akan berbicara denganmu. Setelah dia selesai, kamu akan memiliki kendali lagi. Kembali masuk ke ruangan 3 pintu. Begitu di sana, masuklah ke ruangan kanan dan turunlah tangga untuk mencapai ruang bawah tanah. Di sana, kalahkan musuh-musuh yang cukup lemah yang berkeliling saat kamu menuju ke ruangan berikutnya.

Di ruang kedua di bawah sini, pergilah ke kanan melalui lorong dan kamu akan sampai pada jalan buntu. Ketika kamu mendekat, Yokuba akan memeriksa wajah raksasa di dinding, dan kamu harus menari sebelum itu periksa gambar tarian di dinding untuk mempelajarinya (mirip dengan yang dilakukan Wes sebelumnya di lantai atas). Tekan Kiri saat panah muncul, dan kamu akan menari. Ketika mulut terbuka, masuklah ke ruang tersembunyi. Di sana, bicaralah dengan katak hantu dan simpan permainanmu.

Ketika kamu siap, turunlah tangga ke ruangan lebih rendah. Begitu kamu turun, buka kotak hadiah yang berdekatan untuk menemukan Fish Bracelet. Lanjutkan ke arah kanan dan kalahkan Cheerful Skeleton yang kamu temui. Di persimpangan jalan, kamu bisa naik tangga ke atas untuk melawan Younger Big Bro dan mencapai kotak hadiah yang berisi Beef Jerky. Atau, turun ke bawah dan kamu akan sampai di sebuah pintu.

Karena pintunya terkunci, turunlah ke tangga. Kalahkan musuh-musuh di sini, lalu buka kotak hadiah untuk menemukan Old Banana dan lagi Beef Jerky. Lanjutkan ke kiri sepanjang jalan untuk menemukan sebuah tuas. Pilih untuk menariknya dan kamu akan melihat air terjun terbuka, mendorong Duster, Wes, dan Kumatora ke arah hilir. Tiba-tiba, Pig Masks akan masuk dan Yokuba akan berbicara dengan mereka sebentar. Setelah mereka pergi, kamu selesai di dalam kastil untuk saat ini. Jadi, kembalilah ke lantai atas dan keluar dari kastil dengan cara yang sama seperti masuk tadi.

Castle Osohe Entrance

Setelah keluar, tank babi akan menghalangi jalanmu melintasi jembatan. Yokuba akan berbicara dengan mereka sebentar, dan kemudian kamu akan berada di luar. Jadi, lanjutkan menuju ke kota.

Central Plaza

Sesampainya kamu di sana, kamu akan melihat kerumunan berkumpul di sekitar Kumatora dan Wes, seperti sebelumnya (mungkin perjalananmu ke dalam kastil bersamaan dengan mereka). Yokuba dan Salsa akan muncul selama kerumunan tersebut, dan setelah beberapa percakapan dengan Wes, mereka berdua akan pergi ke penginapan.

Inn

Di ruang tengah penginapan lagi, Yokuba akan mengejutkan Salsa sebelum tidur. Selama malam, kamu akan mendengar Kumatora memanggilmu dari suatu tempat. Kamu tidak bisa meninggalkan ruangan karena akan terkejut, jadi jelajahi sudut kanan dan jendela akan terbuka, mengungkapkan Kumatora dan Wes. Tentu saja, Salsa akan melarikan diri keluar jendela bersama mereka.

Central Plaza

Di luar dekat sumur, Kumatora dan Wes akan berbicara dengan Salsa untuk sementara waktu. Wes akan berhasil mengambil alat pemicu listrik tersebut, yang dengan senang hati dihancurkan oleh Salsa tentunya. Setelah Kumatora menyadari bahwa pacar Salsa ditahan sebagai sandera, Yokuba dan Pig Masks akan keluar dari penginapan. Setelah sedikit konfrontasi, kalian bertiga akan segera mundur ke atas.

Untuk sementara aman, Kumatora dan Wes akan bergabung dengan timmu. Karena tidak bisa kembali ke kota karena Yokuba, lanjutkan ke atas. Kamu akan bertemu dengan seorang Pig Mask yang harus kamu kalahkan. Setelah itu, tank tidak akan bergeser, jadi kamu harus mencari cara lain. Lanjutkan ke kiri dari sini menuju ke hutan.

Teri Forest

Di hutan, arahkan perjalananmu ke kiri dan atas melewati Sanctuary, masuk ke area berikutnya. Di sana, kalahkan Pig Masks dan Reconnaissance Mechs yang kamu temui. Saat kamu terus menuju ke atas ke area berikutnya, kamu akan menemukan tank yang menghalangi jalan ke area lain di hutan. Pergilah sejauh mungkin ke atas dan periksa tank tersebut, kemudian coba kembali ke bawah. Pada titik itu, kamu akan dihadapi oleh Pig Masks dan sebuah tank. Kamu akan melakukan pertempuran dengan Pig Tank, jadi baca bagian Bosses untuk bantuan memenangkan pertarungan.

Setelah kamu menghancurkan tank besar tersebut, Pig Masks yang tersisa akan menjadi gugup. Namun, Yokuba akan masuk ke dalam scene, mengelilingi timmu. Lucas kemudian akan berkeliaran ke hutan dengan Young Drago, yang pada gilirannya akan memanggil Elder Drago. Dinosaurus raksasa ini akan dengan cepat mengalahkan Pig Masks.

Setelah Dragos mundur dan kamu sendirian, timmu akan berbicara dengan Lucas. Ketika kamu diberi kesempatan, jawab ya dan akan terjadi beberapa percakapan lagi. Setelah selesai, Kumatora dan Salsa akan pergi, dan ringkasan akan muncul di layar, menandakan waktu istirahat. Setelah waktu istirahat selesai, kamu akan dapat menyimpan permainan, jadi lakukan itu.

Selanjutnya akan ada adegan kilas balik pemakaman dari Chapter 1, yang tampaknya berfokus pada kenangan Lucas. Setelah adegan itu selesai, Chapter 4 akan dimulai.

Chapter 4 - Titiboo's Club

Twins House

Adegan pertama dalam Chapter baru ini berlangsung bertahun-tahun setelah peristiwa sebelumnya terjadi. Sebuah kereta melaju cepat di sepanjang rel sebelum menghilang ke dalam terowongan gunung. Kereta tersebut akan tiba di Desa Tatsumairi, yang kamu akan ketahui telah mengalami banyak perubahan dalam 3 tahun sejak Chapter sebelumnya.

Setelah kamera berputar di sekitar desa, adegan akan berpindah ke kamar Lucas. Lucas akan bangun dan kamu akan mengendalikan dia. Cobalah untuk keluar rumah dan akan ada kilas balik dari Hinawa yang memberitahumu untuk berpakaian terlebih dahulu. Berjalanlah ke cermin di dinding atas dan kilas balik lain akan menunjukkan Hinawa menyisir rambut Lucas beberapa tahun sebelumnya.

Di depan rumah, kamu akan melihat ada lebih banyak hewan di sekitar. Bergeraklah ke arah mereka dan Boney akan berlari ke arahmu. Bicaralah dengannya dan dia akan bergabung. Sebelum melanjutkan, kamu mungkin akan melihat ada penghitung DP di dekat bagian atas layar ketika kamu mengakses menu. DP, atau "Dragon Power", adalah mata uang dalam permainan ini, yang akan kamu gunakan untuk mendapatkan banyak item mulai dari sekarang. Selain itu, musuh akan mulai menjatuhkannya, yang sangat membantu.

Setelah itu, berjalanlah menuruni bukit dan ikuti jalan yang menuju ke atas. Mulai sekarang, ketika kamu berbicara dengan katak, kamu bisa menyimpan permainanmu, atau menarik dan menyetor DP seperti mesin ATM. Awalnya kamu memiliki 30DP yang disimpan, jadi tarik itu jika kamu mau sekarang.

Ketika kamu siap untuk melanjutkan, berjalanlah ke atas menuju kota.

Central Plaza

Di kota baru yang terlihat lebih modern ini, jelajahlah dan biasakan dirimu dengan suasananya sejenak. Kamu belum benar-benar memiliki uang untuk membeli apa pun dari Thomas' Bazaar atau Bakery, jadi kamu perlu melawan musuh untuk mendapatkannya. Berjalanlah ke atas menuju area kedua.

Train Station

Di sini, kamu akan menemukan bahwa jalan yang saling berpotongan telah digantikan oleh stasiun kereta. Untuk sementara, lanjutkan ke atas dari sini untuk memasuki area pemakaman.

Cemetery

Di area ini, pergilah ke bukit tempat makam Hinawa berada. Flint akan berdiri di sana, jadi bicaralah dengannya dan dia akan pindah. Kemudian, periksa makamnya sendiri dan kamu akan mendapatkan kilas balik lainnya. Setelah selesai, tinggalkan area tersebut dan berjalanlah ke bawah untuk keluar dari pemakaman.

Train Station

Kembali di area ini, bukalah kotak-kotak hadiah yang tersebar untuk menemukan Bread Roll, Beef Jerky, dan Blast Bomb. Pergilah ke platform stasiun kereta dan Bronson akan keluar dari kereta. Setelah beberapa percakapan, dia akan pergi. Jadi, kembalilah ke bawah menuju kota.

Central Plaza

Ketika kamu memasuki desa, kamu akan menyaksikan adegan di mana Wes datang untuk menantang Yokuba di pusat kota. Setelah beberapa saat, seorang Pig Mask akan membawa pergi Wes. Sementara itu, Yokuba akan melihat Lucas dan berbicara dengannya sebentar. Ketika kamu mendapatkan kendali lagi, ambillah jalur ke arah kanan menuju area berikutnya. Di sana, naiklah bukit dan masuklah ke bangunan di puncaknya.

Old Man's Paradise

Di rumah perawatan orang tua ini, naiklah ke lantai atas dan masuk ke ruangan tengah untuk menemui Wes. Bicaralah dengannya dan dia akan memberimu burung merpati pembawa pesan. Tinggalkan ruangan dan kunjungi Alec di ruangan kiri, atau Mike di ruangan kanan (bicaralah dengan Mike dan katakan ya, dan dia akan memberimu 50DP). Kamu bisa bicara dengan katak tua di lorong untuk menyimpan permainanmu, jika tidak, tinggalkan tempat ini dan kembali ke kota.

Central Plaza

Kembali ke kota, kamu mungkin ingin mampir ke Thomas' Bazaar. Ada item yang bisa kamu beli di sini (jika kamu tidak punya uang, pergilah ke Hutan dan lawan Chicken Snakes, lalu tarik uang dari katak). Kamu seharusnya bisa melengkapi Lucas dengan Child's Shirt, dan kedua karakter dengan Child's Hat. Setelah selesai, pergilah ke stasiun.

Train Station

Setelah tidak ada yang lagi bisa dilakukan di wilayah ini untuk saat ini, berjalanlah ke rel kereta dan pergilah ke arah kanan masuk ke terowongan. Sebelum masuk ke dalam terowongan, seseorang yang mirip dengan Mr. T akan datang dan memberimu Route Drawing. Sekarang setelah memiliki peta, masuklah ke dalam terowongan.

Train Tracks

Di dalam terowongan panjang ini, berjalan terus melalui dua segmen pertama, sambil melawan berbagai musuh di sepanjang jalan (bagus untuk mendapatkan uang dan naik level dengan cepat). Setelah beberapa segmen, kamu akan berada di area di mana ada kupu-kupu. Di area ini, Boney akan mengarahkan kamu ke arah beberapa pakaian yang tergeletak di tanah. Naiklah tangga dan istirahatlah di mata air panas, lalu bicaralah dengan Ionia di mata air. Ia akan mengajarkan Lucas cara menggunakan PSI, dan kamu akan belajar beberapa skill sekaligus, termasuk PK LOVE.

Setelah semuanya selesai, turunlah dari tangga dan bicaralah dengan katak terbang untuk menyimpan permainanmu. Jika kamu memeriksa kupu-kupu lain, mereka akan membuatmu rileks dan menghilangkan efek status yang buruk. Ketika kamu siap, lanjutkan ke kanan. Lewati jembatan merah di area luar berikutnya, dan bukalah kotak hadiah di dekat tanda untuk menemukan Blast Bomb. Lanjutkan beberapa area lagi sampai kamu mencapai stasiun kereta lainnya.

Train Station

Di sini, hindarilah Cattle Snakes karena mereka terlalu kuat untukmu saat ini. Kamu bisa melawan Sparrow Sticks dengan bebas. Buka kotak hadiah di area ini untuk mendapatkan Bread Roll dan Flea Powder. Setelah itu, pergilah ke kanan atas menuju area baru.

Koba

Ketika kamu memasuki area baru ini, kamu akan melihat sebuah gudang besar, serta seorang pria yang berdiri di sebelah mesin penjual di mana kamu bisa membeli beberapa barang kecil. Orang yang menyimpan barang-barangmu juga berada di area ini, dan kamu bisa membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Eye Drops. Jika kamu mau (yang seharusnya kamu lakukan), berjalanlah ke atas menuju area berikutnya.

Violet Forest

Di area hutan di sini, jelajahi sekitar dan eksplorasi area terdekat untuk menemukan musuh-musuh baru dan mendapatkan pengalaman/DP. Ada beberapa kotak hadiah di dalam Violet Forest, serta sebuah mata air panas di ujung kiri. Jika kamu membuka kotak hadiah di sebelah kanan stasiun Ropeway, kamu akan mendapatkan Area Map yang mencakup seluruh wilayah ini. Setelah selesai menjelajah, kembali menuju Koba.

Koba

Ketika kamu siap untuk melanjutkan cerita, masuk ke gudang. Di sana, bicaralah dengan Topeng Babi Biru dan dia akan menawarkanmu pekerjaan paruh waktu di gudang untuk memperbaiki Clay Men yang lelah. Katakan ya, dan kamu akan diminta untuk memasukkan nama kamu (kamu, pemain). Lakukan itu, lalu tekan "end" di sudut kanan bawah layar. Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi entri kamu, jadi pilih ya sekali lagi. Juga, Boney akan sementara meninggalkan timmu sesuai dengan perintah kerjamu. Kamu juga akan menerima Sketsa Koba dari prajurit.

Sekarang, masuklah ke ruangan berikutnya. Bicaralah dengan dua orang itu jika kamu mau, lalu lanjutkan ke atas. Di ruang belakang, ada mesin yang bisa kamu periksa untuk memulihkan HP/PP kamu kapan saja (meskipun kamu mungkin tidak membutuhkannya sekarang). Turunlah tangga ke gua di bawah.

Di sebelah kiri tangga adalah sumur lift dan babi yang bertindak sebagai operatornya. Pekerjaanmu adalah menjelajahi gua-gua untuk mencari Clay Men yang lemah dan lelah, lalu dorong mereka sampai ke lift. Begitu sampai di lift, bicaralah dengan Topeng Babi untuk kembali ke atas dengan Clay Man yang lelah. Dorong dia ke pintu keluar ruangan di area kanan bawah, lalu masuklah ke ruangan itu untuk membawa Clay Man kepada orang-orang di ruangan tengah itu. Mereka akan memperbaikinya, lalu mengirimnya kembali ke gua di bawah. Kamu harus melakukan proses ini 3 kali, dan setelah itu pekerjaanmu akan selesai.

Setelah kamu menyelesaikan tugasmu, pergilah ke ruang masuk dan bicaralah dengan Topeng Babi Biru. Dia akan memberimu Tiket untuk masuk ke Ropeway seperti yang kamu inginkan, serta membayarmu 200DP atas waktumu. Boney akan kembali padamu, dan sekarang kamu bebas untuk pergi. Keluarlah dari gudang dan simpanlah dengan katak, lalu pergilah masuk ke hutan.

Violet Forest

Di area ini, naiklah bukit dan berikan tiketmu kepada pria itu agar kamu bisa naik ke Ropeway.

Club Titiboo

Setelah naik Ropeway, kamu akan tiba di atas tebing di mana klub berada. Lewati jembatan dan buka kotak hadiah untuk melepaskan beberapa kembang api. Kemudian, naiklah tangga ke pintu masuk klub. Penjaga di luar akan menghalangimu masuk karena anjing tidak diizinkan. Jadi, Lucas kembali dengan Boney yang sudah berpakaian dan berjalan seperti manusia. Setelah sedikit dialog, seorang gadis akan keluar dari klub dan memberitahu penjaga untuk membiarkanmu masuk. Setelah kamu bisa bergerak lagi, masuklah ke dalam klub.

Di ruang utama, bicaralah dengan seorang pria di area kanan atas untuk membeli beberapa barang dagangan (meskipun mungkin lemah, kamu mungkin ingin membeli Brosur DCMC; mereka akan berguna nanti). Bicaralah dengan wanita di tengah setelah selesai, lalu masuk ke ruang klub utama di atas. Bicaralah dengan semua orang di sini, dan saat kamu hendak pergi, Boney akan bertanya apakah kamu akan tinggal untuk encore. Katakan ya, dan kamu akan berdua berdiri di sebelah meja.

Setelah adegan dengan Thomas datang dan berbicara padamu, pertunjukan akan dimulai. Dengarkan lagu band DCMC, lalu setelah selesai, bicaralah dengan wanita di dekat pintu keluar. Dia akan memberimu Brosur DCMC secara gratis, dan kemudian membiarkanmu pergi. Kembali ke lobi, bicaralah dengan gadis di depan pintu, dan ikutilah dia masuk ke ruangan itu. Turunlah tangga untuk masuk ke koridor bawah klub.

Di sini, pergilah ke bawah dan kalahkan Sticky Slugs, buka kotak hadiah untuk menemukan Pistol Air dan Rocket. Sekarang, ambillah jalan atas karena di situlah gadis itu pergi. Kalahkan beberapa belut lagi di sepanjang jalan, lalu naik tangga di ujungnya untuk masuk ke spa klub. Gadis itu akan memberitahumu bahwa dia sedang mandi, jadi kamu harus menunggu sampai dia selesai. Simpanlah dengan katak yang berdekatan dan dekati pintu shower, dan gadis itu akan keluar.

Gadis itu akan menanyakan apakah kamu ingin istirahat di spa juga; lakukan itu dan ringkasan peristiwa akan muncul di layarmu. Setelah itu, dia akan berbicara padamu sebentar sebelum mengungkapkan tangga tersembunyi di dinding. Setelah dia pergi, kamu dapat masuk ke ruang shower, yang ternyata adalah mata air panas yang bisa kamu gunakan kapan saja. Simpanlah permainanmu dan ambil uang dari katak, lalu naik tangga ke loteng klub.

Club Attic

Di sini, bicaralah dengan tikus yang duduk di peti dan kamu akan mengetahui bahwa dia adalah penjual berbagai barang. Belilah beberapa Pencil Rockets dan kamu akan siap untuk melanjutkan. Jika kamu masuk ke ruangan kiri laut, kamu bisa membuka kotak hadiah biru untuk menerima Peta Loteng. Juga, orang yang bisa menyimpan barang-barangmu berada di sini, jika kamu perlu memberikan/mengambil sesuatu. Dari penjual tikus, masuklah ke ruangan langsung di sebelah kanan. Ikuti jalan melalui ruangan-ruangan hingga kamu mencapai kotak hadiah yang berisi Magic Tart. Sekarang, kembali ke ruangan dengan penjual, dan masuklah ke ruangan kanan atas.

Di area berikutnya, kalahkan musuh Spider!!!, serta Greedier Mouse. Ruangan kanan atas mengarah ke kotak hadiah yang berisi Antidote, jadi ambillah itu, lalu pergi ke sisi kiri dari ruangan sebelumnya. Buka kotak di sudut untuk menemukan Insecticide, lalu lanjutkan ke ruangan atas. Kalahkan musuh di sini, lalu pergi ke kanan selama 2 ruangan. Di ruangan berikutnya, kamu bisa pergi ke bawah dan melawan lebih banyak musuh; jika tidak, kamu bisa melanjutkan ke arah kanan di sepanjang jalan utama selama 2 ruangan lagi.

Di ruangan paling kanan, kalahkan Sobbing Guitar dan Broken Drum, dan buka kotak hadiah yang tersembunyi di sudut untuk mendapatkan Blast Bomb. Ambil jalan kiri bawah ke sebuah ruangan di mana kamu bisa membuka kotak hadiah lain yang berisi Megalopolis Fries. Kembali keluar dari ruangan itu, lalu masuk ke ruangan kanan bawah. Di sini, kalahkan musuh, dan masuk ke ruangan kanan bawah. Ini adalah ruangan aman di mana kamu bisa beristirahat dan menyimpan tanpa takut musuh. Jika kamu berbicara dengan tikus, mereka akan memberimu Quirky Cheese dan Nut Bread. Sebagai catatan tambahan, jangan sembarangan membuka 3 kotak hadiah tersebut. Setiap kotak akan memulihkan sebagian besar HP/PP-mu, jadi gunakan satu sekarang jika kamu membutuhkannya, lalu buka yang lain setelah kamu bertarung sebentar dan perlu istirahat lagi.

Simpan permainanmu, lalu tinggalkan ruangan ini dan lanjutkan ke kiri. Kalahkan Broken Drum yang menjaga kotak hadiah, lalu buka untuk menerima Magic Jelly. Di ruangan ke bawah, kamu akan bertemu Jealous Bass. Bicaralah dengannya, dan kamu harus melawan bos ini, serta Sobbing Guitar dan Broken Drum. Setelah pertarungan bos, jatuhlah ke lubang di lantai untuk mencapai ruangan di bawah.

DCMC Dressing Room

Ketika kamu mendarat di ruang ganti, Boney akan meninggalkan timmu untuk sementara. Simpan permainan dengan katak, dan bicaralah dengan pria berambut afro di tengah ruangan. Setelah sedikit diskusi, dan pria ini menyangkal bahwa dia adalah Duster (meskipun mereka terlihat sangat mirip), band memutuskan bahwa situasi ini akan diselesaikan dengan bermain batu-gunting-kertas. Jadi, bicaralah dengan masing-masing anggota band, termasuk Duster, dan katakan ya untuk bermain. Gunakan Control Pad untuk membuat pilihanmu dalam pertandingan.

Bicaralah dengan OJ terakhir, lalu mainkan batu-gunting-kertas dengannya. Setelah beberapa ronde, salah satu penjaga akan masuk sebelum akhirnya dikeluarkan dari ruangan. Anggota band kemudian akan meninggalkan ruangan satu per satu, tampaknya bingung karena Duster bukanlah orang yang mereka kira. Setelah mereka pergi, Duster dan Boney akan bergabung dengan timmu. Tinggalkan ruangan dan Kumatora akan bergabung dengan timmu juga.

Club Titiboo

Jika kamu memiliki 10DP, periksalah mesin penjual otomatis untuk membeli Megalopolis Cola. Jika tidak, lanjutkan melalui lorong dan menuju ke bawah beberapa ruangan. Ketika kamu mencapai lobi, periksalah pintu panggung. Beberapa kilas balik akan terjadi, menunjukkan apa yang terjadi pada Duster sebelumnya dan bagaimana dia berakhir sementara di band. Akhirnya, dia menyerahkan afro dan keluar dari klub bersama yang lainnya. Di luar, setelah beberapa pembicaraan, Lucas melepaskan Carrier Pigeon, dan Chapter ini berakhir. Kamu akan dapat menyimpan pada titik ini juga.

Adegan berikutnya akan secara singkat menunjukkan menara besar di kejauhan, menembakkan petir ke hutan di bawahnya. Kemudian, Chapter 5 akan dimulai.

Chapter 5 - Thunder Tower

Waterfall

Setelah adegan singkat di mana Duster bertemu dengan makhluk aneh, kamu akan berada di atas tebing dan dapat mengendalikan. Jika kamu ingin menyimpan, pergilah ke atas ke Bathing Cave. Sebagai catatan tambahan, jika kamu ingin meningkatkan level, disarankan untuk melawan musuh yang tersebar di Violet Forest dan Koba Train Station.

Bathing Cave

Di dalam gua yang berada di atas tempat kamu memulai Chapter ini, kamu akan menemukan mata air panas. Ada juga seekor tikus tanah di sudut yang dipenuhi dengan peralatan baru. Belilah semua perlengkapan baru dan simpan permainanmu sebelum melanjutkan ke hutan.

Violet Forest

Pergilah ke atas sambil melawan beberapa musuh yang semakin sulit. Saat kamu mendekati pintu keluar kanan atas, Boney akan menghentikanmu dan melepaskan pakaian yang dikenakannya di klub sebelumnya. Setelah itu selesai, pergilah ke kanan. Di sana, Duster akan menunjukkan bahwa ada beberapa lubang di tanah yang bisa kamu jatuh ke dalamnya di sini.

Mungkin ada cukup banyak lubang untuk dijatuhkan di sini, tetapi hanya satu yang mengarah ke "pintu keluar" yang sebenarnya. Semua yang lainnya mengarah ke titik yang berbeda di sepanjang jalur yang sama, dan mengarah ke pintu keluar gua ke bawah. Jika kamu jatuh ke dalam lubang di area paling kiri bawah, kamu akan mencapai katak dan pintu keluar ke kanan bawah. Jika kamu mengambil salah satu dari lubang lainnya, untuk keperluan penyelesaian, kamu akan dapat mengumpulkan beberapa kotak hadiah yang berisi Beef Jerky, Pencil Rocket, dan Sheep Bracelet.

Setelah kamu mengambil hadiah-hadiah tersebut, jatuhlah ke dalam lubang kiri bawah dan simpan permainan dengan katak. Lalu, pergilah ke bawah dan keluar dari gua untuk mencapai bagian baru dari hutan. Di sana, kamu akan melihat makhluk yang dilihat Duster sebelumnya dalam kilas balik. Saat Duster mendekatinya, makhluk itu menyetrumnya dengan petir sebelum lari ke dalam hutan. Ikuti makhluk itu ke area berikutnya, dan kamu akan melihat Thunder Tower di depan. Lanjutkan ke kanan dan ke bawah, lalu ke kiri mengelilingi menara, sambil mengalahkan musuh di sepanjang jalan. Buka kotak hadiah yang tersembunyi di bagian bawah untuk menemukan beberapa Pork Chips, serta kotak di atas untuk menemukan Divine Medicine.

Melanjutkan ke area bawah, ikuti jalur ke kanan untuk mencapai sebuah bangunan. Simpan permainan, lalu masuklah ke dalam.

Nendo Factory

Di dalam pabrik yang penuh dengan Pig Masks, berjalanlah ke depan dan kamu akan menyaksikan percakapan antara mereka. Ketika mereka melihatmu, mereka akan berbicara sebentar sebelum meyakinkanmu untuk menyamar sebagai Pig Masks. Setelah itu, masuklah ke ruangan kedua pabrik. Ikuti jalur ke area belakang di mana kamu bisa memeriksa kapsul babi untuk memulihkan HP/PP-mu. Dari sana, pergilah ke kiri bawah untuk keluar dari pabrik.

Highway

Di luar, kamu akan melihat seorang Pig Mask melemparkan makhluk listrik itu ke dalam van dan pergi. Simpan permainan dan pergilah ke kiri. Lawan Rolling Boars dan Scrap Robots di sepanjang jalan. Di ujung area terowongan kedua (pastikan untuk melengkapi DCMC Pamphlets jika kamu memilikinya), kamu akan dihadapkan oleh seorang Pig Mask di dalam Pork Bean. Dia akan berbicara denganmu sebelum menyerahkan kendaraan terbang tersebut. Kelompokmu akan mengambilnya, tetapi akan mengalami kecelakaan di area depan.

Adegan berikutnya akan menunjukkan pertemuan dengan Scary Womanizing Pig Mask. Dia akan menjelaskan bagaimana Yokuba meletakkan pisang yang menyebabkan kecelakaanmu, kemudian setelah beberapa percakapan kamu akan memasuki pertarungan bos. Setelah pertarungan, bos yang kalah akan melarikan diri, meninggalkanmu dengan Pork Bean yang masih berfungsi.

Sekarang setelah kamu memiliki kendaraan yang cepat dan aman, pergilah ke kanan. Di area tempat kamu bertarung, kamu akan melihat dua jalan yang menuju ke atas. Kedua jalan pada dasarnya mengarah ke Thunder Tower, tetapi saya akan mengambil jalan kiri untuk saat ini. Pergilah ke atas ke dalam terowongan sampai kamu mencapai kotak hadiah dan tikungan di jalan. Buka kotak tersebut untuk menemukan Highway Map, yang akan sangat berguna.

Dari sini, pergilah ke kiri ke area berikutnya. Pada percabangan, lanjutkan ke kiri dan kamu akan melihat stasiun pengisian daya di bawah. Turunlah dari Pork Bean dan buka kotak hadiah untuk menemukan Dog Cookie. Jika kamu terus ke kiri jauh, kamu bisa turun ke area tempat kamu menggunakan Pork Bean pertama kali di permainan ini (ada katak penyimpan dan kapsul pemulihan untuk digunakan). Di ujung kiri jalan sebelum kamu turun, buka kotak hadiah untuk menemukan Twin Bracelet.

Kembali ke kanan, kamu akan mencapai percabangan jalan. Pergilah ke atas melalui terowongan di sana, kemudian di area luar, tinggalkan Pork Bean. Buka kotak hadiah di sebelah kiri untuk menemukan Divine Medicine, lalu naik ramp di tengah area. Buka kotak hadiah di dataran tinggi atas untuk menemukan Sharp Gloves untuk Kumatora. Kemudian, turun kembali dan naiklah Pork Bean lebih jauh ke atas. Saat kamu mencapai stasiun pengisian daya, turunlah dan bicaralah dengan anjing di kiri atas untuk menerima Pencil Rocket.

Dari sini, lanjutkan ke kanan ke terowongan berikutnya, dan kemudian ke jembatan gantung. Ikuti terowongan berikutnya yang menuju ke bawah dan kamu akan berakhir di area parkir.

Parking Area

Di sini area aman, kamu akan menemukan beberapa mobil yang diparkir. Di antara mereka ada katak di dalam mobil, yang bisa kamu ajak bicara untuk menyimpan permainanmu dan mendapatkan uang. Ada juga mesin pengisi daya di dekat terowongan untuk digunakan saat HP/PP-mu rendah. Area ini juga berfungsi sebagai basis yang baik, di mana kamu bisa masuk ke dalam terowongan dan bertarung sebentar, lalu kembali ke sini untuk istirahat. Jika kamu memeriksa penjual di dekat kafe, kamu bisa membeli beberapa perlengkapan baru untuk kelompokmu, jadi bawalah uang dan belanjakan! Selain itu, jika kamu membuka kotak hadiah di kiri, kamu akan menerima Light Brown Collar untuk Boney.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan uang cepat, ada robot yang berdiri di atas pod pengisi daya di bawah. Jika kamu berbicara dengannya, robot tersebut akan memintamu untuk mengisi dayanya melalui konsol di sebelah kiri. Robot ini perlu diisi daya selama tepat 15 detik; lebih dari itu, robot akan meledak. Saat kamu siap, periksa konsol dan pilih ya, dan pengatur waktu akan dimulai (jaga waktu sendiri). Tekan tombol A lagi pada tanda 15 detik, dan kamu akan diberi hadiah oleh robot, dengan asumsi kamu tidak meledakkannya. Jika kamu menekan tombol antara 1-10 detik, kamu mendapatkan 1DP, antara 11-14 detik kamu mendapatkan 50DP, dan tepat 15 detik akan memberimu 100DP. Kamu bisa keluar dan masuk kembali ke area ini untuk bermain lagi kapan saja kamu mau.

Saat kamu siap untuk melanjutkan, pergilah ke terowongan kanan.

Highway

Di terowongan berikutnya, ada jalan yang bercabang ke dalam ruangan di bawah. Di dalam ruangan itu, ada seorang pria yang dikelilingi oleh beberapa kotak hadiah. Kamu tidak dapat membuka kotak-kotak tersebut sendiri, tetapi jika kamu berbicara dengan pria tersebut beberapa kali, dia akhirnya akan mengizinkanmu membuka salah satu. Pilih salah satu dan buka untuk menerima Knitted Sweater. Kemudian, keluar dari ruangan ini dan lanjutkan ke kanan.

Di area luar berikutnya, kamu akan melihat makhluk itu di dalam lubang terdekat, dan sebuah truk sampah pergi menjauh. Jika kamu mencoba mendekati tangga yang mengarah ke dalam lubang, kamu akan turun dan monster lain dari tumpukan sampah akan menyerangmu.

Setelah pertarungan, Duster akan menemukan harta karun Light Egg. Dia juga akan mengalami kilas balik dari Osohe Castle sebelumnya dalam permainan. Setelah beberapa percakapan lagi, seorang Pig Mask dalam Pork Bean akan tiba di tempat kejadian dan mengajak kelompokmu ikut naik. Ketika kamu tiba di pemberhentian, naiklah lift di depanmu untuk masuk ke Thunder Tower.

Thunder Tower

Akhirnya di dalam menara ini, periksalah mesin pengisi daya untuk memulihkan HP dan PP-mu. Jika kamu membuka kotak hadiah di sudut, kamu akan mendapatkan Tower Sketch, yang akan berfungsi sebagai peta di dalam. Ada juga seorang pria penyimpanan barang, dan mesin penjual otomatis tempat kamu bisa membeli beberapa barang. Jika kamu naik tangga, kamu bisa menyimpan permainan. Saat kamu siap, naiklah tangga dan masuk ke ruangan.

Di ruangan berikutnya, kamu bisa melawan beberapa robot. Jika kamu melihat peta, kamu perlu mencapai ruangan tengah di lantai ini, di mana tangga yang menuju ke atas berada. Bagaimana kamu sampai di sana terserah kamu, tetapi akan ada banyak musuh untuk dilawan (pengalaman cepat dan mudah, pastikan untuk menyembuhkan/menyimpan di ruangan pertama jika kamu ingin naik level), serta beberapa kotak hadiah yang akan berisi DCMC Pamphlet dan Pencil Rocket. Saat kamu mencapai ruangan tengah, ambillah jalan yang menuju ke bawah ke ruang generator.

Di sini, simpan permainan dan pastikan HP-mu penuh, lalu pergilah ke kanan menuju tangga. Naiklah dan kamu akan melihat Scary Womanizing Pig Mask dari sebelumnya (pastikan untuk menggunakan DCMC Pamphlet untuk efek tambahan). Lawan pertarungan bos ini seperti yang kamu lakukan sebelumnya, lalu ketika kamu menang, bos tersebut akan lenyap untuk selamanya. Setelah pertarungan, Yokuba akan muncul dengan Pig Masks-nya, menyebabkanmu melarikan diri dengan memanjat tangga ke area atas.

Kamu tidak dapat kembali turun dari sini, tapi untungnya musuh di area ini sederhana untuk saat ini. Pertama, buka kotak hadiah di sudut kiri untuk mendapatkan Puzzle Card 2. Kemudian, naiklah tangga, mengalahkan musuh kecil jika kamu mau. Di atas, naiklah tangga ke ruangan baru. Di sana, kamu akan menemukan mata air panas. Pastikan untuk membuka kotak-kotak hadiah, karena mereka akan berisi Salt Water Gun, Turn-Around Rocket, Surprise Box musuh, dan Divine Medicine. Juga, jika kamu mau, periksa yo-yo di area kiri atas dan kamu harus melawan robot gadis itu, Ms. Marshmallow. Kalahkan dia untuk mendapatkan Friend's Yo-Yo!

Saat kamu siap, naiklah tangga untuk mencapai tingkat atas menara. Kolom tengah adalah listrik dan akan memancarkan musuh Short-Circuit Passion! saat kamu lewat; mereka mudah dan memberikan banyak XP, jadi ini mungkin tempat yang baik untuk naik level. Untuk tiga puncak, kamu hanya perlu berjalan melintasi platform dan naik tangga ke level berikutnya. Saat kamu melintasi platform kedua, Lucas akan terkena muatan listrik dan tiba-tiba mempelajari PK Flash.

Lanjutkan naik tangga dan melintasi platform tingkat ketiga. Naiklah tangga terakhir ini untuk masuk ke ruangan berikutnya. Di sana, pergi ke kiri dan alarm akan berbunyi seperti yang ditunjukkan oleh lampu merah yang berkedip. Sebuah robot akan muncul dari generator tengah, dan kamu kemudian harus melawan bos.

Setelah kamu memenangkan pertarungan, Yokuba dan Pig Mask-nya akhirnya akan mencapaimu. Tentu saja, partymu akan lari keluar pintu ke bawah, meninggalkan Yokuba sendirian. Di luar, naiklah tangga dan dekati tiang listrik yang menonjol dari atap, dan Yokuba akan memanjat setelahmu. Setelah beberapa percakapan Yokuba akan jatuh dan mati, dan UFO dari sebelumnya akan melayang di atas kepala. Seorang pria bernama Himohebi akan berbicara dengan partymu, dan Duster akan menggunakan Ular Merah untuk meraih tangga saat UFO terbang.

Setelah sedikit lebih banyak percakapan, partymu akan kehilangan pegangan dan jatuh ke langit terbuka di bawah. Ringkasan dari kejadian dalam Chapter ini akan bergulir di layar. Setelah istirahat ini selesai, kamu akan memiliki opsi untuk menyimpan, seperti biasa. Setelah selesai di sini, Chapter berikutnya akan dimulai.

Chapter 6 - Sunflower Plateau

Sunflower Garden

Kamu akan mengendalikan Lucas saja di area ini. Bergeraklah ke kanan, lalu ke bawah, dan kilas balik singkat akan terjadi. Lari ke kiri dan kamu akan bertemu dengan Boney. Bersama dengannya, lanjutkan ke kiri dan kamu akan menemukan Hinawa. Ikuti ke kiri sampai kamu mencapai tepi tebing. Lucas akan mencoba melompat untuk mencapainya, tetapi akhirnya jatuh dari tebing. Dia dan Boney akan mendarat di tumpukan jerami di bawah, kemudian Chapter berikutnya akan dimulai

.

Chapter 7 - Seven Needles

Old Man's Paradise

Adegan pembuka akan menunjukkan Himohebi berjalan ke Kastil Osohe dengan beberapa Pig Masks. Kamu kemudian akan terbangun di panti jompo, di bawah pengawasan Wes dan Alec. Bicaralah dengan keduanya saat kamu mendapatkan kendali, lalu keluar dari ruangan. Berjalanlah ke kanan, lalu Alec akan keluar. Bicaralah dengannya, kemudian lanjutkan ke keluar dari rumah.

Di luar, Boney akan mencium sesuatu sebelum lari. Pergilah menuju jembatan, di mana seseorang terbaring terikat. Bicaralah dengan Ionia dan bantu dia bangun, kemudian setelah beberapa percakapan dan permintaan untuk mengantarkannya pulang, dia akan bergabung sementara dengan kelompokmu. Setelah itu, dan dengan Boney di sisimu juga.

Dari sini, pergilah ke bawah dan kamu akan mencapai bagian pantai di sepanjang sungai. Bicaralah dengan orang di kiri dan katakan ya untuk naik perahu menuju Rumah Eoria.

Eoria's House

Ketika kamu merapat, pergilah ke area berikutnya karena itu satu-satunya yang bisa kamu lakukan. Perlu dicatat bahwa jika kamu berbicara dengan sapi di luar dan mengatakan ya, ia akan memberimu Susu Segar (kamu perlu menunggu sebentar sebelum mencoba ini lagi).

Di dalam rumah, bicaralah dengan Eoria (satu-satunya orang di sini). Setelah Ionia keluar dari karungnya, dia akan menari di depan cermin. Setelah itu, akan terdengar suara keras di luar dan rumah akan berguncang hebat. Setelah kilasan cepat dari adegan lain, meja di tengah ruangan akan bergerak, mengungkapkan sebuah tangga. Eoria juga akan menghilang pada saat ini. Periksa kursinya untuk mendapatkan Kenang-kenangan Eoria, lalu turun ke tangga ke lorong di bawah.

Below Eoria's House

Di bawah sini, ikuti lorong ke kanan dan kalahkan Kucing Mumi di area besar pertama. Lanjutkan ke kanan dan buka kotak hadiah untuk menemukan Beef Jerky, lalu pergi ke bawah ke persimpangan jalan lainnya. Lawan Kucing Mumi dan buka peti untuk mendapatkan Susu, kemudian lanjutkan ke area berikutnya.

Teruslah menuju bawah sambil melawan berbagai Kucing Mumi yang kamu temui. Kamu akan mencapai titik di mana kamu bisa menyeberangi sungai atau menuju bawah. Pertama, pergilah ke bawah untuk kotak hadiah yang berisi Magic Tart, lalu pergi ke kanan menyeberangi sungai. Panjat tangga yang kamu temukan untuk mencapai area luar.

Castle Osohe Courtyard

Ketika kamu tiba di sini, berjalanlah ke rumput dan sebuah adegan akan terjadi. Partymu akan mengelilingi api ungu di area tengah, dan Ionia akan berbicara tentang PK Love dan hal-hal lainnya. Sejumlah teks akan bergulir ke bawah layar, menandakan jeda singkat. Setelah selesai, bicaralah lagi dengan Ionia dan kamu akan mendapatkan kendali kembali. Pergilah ke bawah untuk mendengar telepon berdering. Angkat dan bicara dengan Pig Mask di ujung telepon. Jawab ya atas pertanyaannya, lalu ketika percakapan berakhir kamu akan mendapatkan Transceiver.

Sekarang, cobalah turun melalui tangga kanan dan Ionia akan memanggilmu. Bicaralah dengannya dan dia akan menghilang, meninggalkanmu di sini sendirian. Karena sekarang kamu diizinkan, turunlah melalui tangga kanan untuk memasuki basement kastil.

Osohe Castle

Dalam terowongan pertama, ikuti jalan sampai ke ujung. Kemudian, buka pintu dan masuk ke ruangan berikutnya (ini adalah pintu yang terkunci dari sisi lain sebelumnya). Naiklah tangga yang mengarah ke kiri, kalahkan musuh-musuh di sepanjang jalan (mereka memberikan XP yang bagus tapi bisa sangat sulit, jadi berhati-hatilah). Pada dasarnya, naiklah ke lantai pertama kastil, kemudian keluar ke bawah. Setelah di luar, pergilah ke bawah menuju Pemakaman.

Cemetery

Ketika kamu memasuki area ini, maju dan kamu akan melihat gubuk terdekat telah dihancurkan. Berjalanlah ke bawah dan adegan akan beralih ke situs makam Hinawa. Lucas dan Boney akan pergi ke sana, dan berbicara dengan seorang pria tua yang berdiri di sana. Bicaralah dengannya sebentar dan dia akan memberimu Badge. Setelah selesai di sini, pergilah ke bawah keluar dari area ini dan lanjutkan ke bawah menuju stasiun kereta.

Train Station

Di sini, pergilah ke bawah dan Transceiver-mu akan berdering lagi. Angkat teleponnya dan orang di ujung sana akan memberitahumu untuk kembali ke pabrik di Koba. Akan jauh lebih cepat jika kamu membeli tiket kereta dan naik dari sini ke Koba, tetapi kamu juga bisa lari di sepanjang rel seperti yang kamu lakukan sebelumnya. Bahkan jika kamu memilih untuk naik kereta, kamu harus masuk ke gua pertama di sepanjang rel dan membuka kotak hadiah yang sekarang bisa diakses untuk mendapatkan High-Class Banana dan Super Bomb.

Jika kamu memilih untuk naik kereta, pilih ya pada opsi pertama untuk naik kereta dengan biaya 50DP per orang. Kamu akan ditanya apakah ingin meng-upgrade ke kereta yang lebih bagus seharga 100DP per orang (200DP total). Pilih tidak (atau ya jika kamu benar-benar menginginkannya), lalu naiklah kereta ke Koba. Saat kamu tiba di stasiun, pergilah ke atas menuju Koba.

Koba

Naikkan level dengan melawan Cattle Snakes di dekat stasiun kereta jika kamu mau. Jika tidak, lanjutkan ke atas menuju hutan.

Violet Forest

Di area ini, kamu akan menghadapi banyak musuh yang sama seperti saat petualangan sebelumnya di sini. Namun, sekarang ada Umantula (musuh berkepala kuda) yang tangguh, jadi berhati-hatilah. Pergilah ke kiri beberapa area hingga kamu mencapai bangunan besar yang dijaga. Bicaralah dengan Pig Mask di depan, dan ikuti dia masuk ke dalam Chimera Lab, sesuai instruksi dari Transceiver sebelumnya.

Chimera Lab

Di dalam lab, simpan dengan katak di pojok. Ada mesin penjual otomatis dan seorang ilmuwan aneh dari mana kamu bisa membeli barang. Ambil beberapa DP dari katak dan beli Very Good Stick dari mesin penjual otomatis. Ketika sudah selesai, masuk ke ruangan kanan. Di teater, lari ke panggung dan ke kanan. Di ruangan berikutnya, periksa loker yang terbuka dan katakan ya untuk berganti menjadi kostum Pig Mask.

Lanjutkan ke ruangan bawah, dan pergi ke kiri beberapa ruangan saat kamu naik ke atas. Buka kotak hadiah biru di pojok salah satu ruangan untuk mendapatkan Chimera Lab Map. Masuk ke lorong atas dari ruangan ini dan bicara dengan Pig Mask yang kamu temui, dia akan memintamu menemukan 2 monyet yang lepas. Ruangan atas adalah ruang istirahat, dan kamu bisa membeli Megalopolis Cola dari mesin penjual otomatis seharga 100DP jika kamu mau.

Kemudian, masuk ke lorong kiri. Sepanjang lorong ini ada tangga menuju 1F (kamu berada di 2F saat ini), serta berbagai ruangan yang bisa kamu masuki. Jika kamu turun dan menjelajahi ruangan-ruangan, kamu bisa menemukan Salt Water Gun dan Bomb. Kembali ke 2F, ada ruangan dengan mata air panas (ditandai dengan tanda di pintunya), jadi sekarang kamu tahu ke mana harus pergi jika perlu istirahat. Di ruangan atas di sebelah kiri elevator, kamu bisa membuka kotak hadiah untuk menemukan Divine Medicine.

Di sini, keluar kembali ke lorong dan masuk ke ruangan paling kiri. Di ruangan spesimen (ruangan dengan semua tulang), berbicara dengan katak di tumpuan untuk menyimpan permainanmu. Kemudian, pergi ke atas dua ruangan, dan kamu akan melihat monyet-monyet bersembunyi di balik meja. Cobalah mendekati mereka dua kali dan mereka akan lari keluar dari ruangan. Pergi ke bawah dua ruangan ke tempat kamu menyimpan permainan, dan kamu akan disergap oleh Mecha-Lion.

Setelah pertarungan, Mecha-Lion akan mencoba mendekatimu lebih jauh, tapi seorang pria tanah liat akan masuk dan menghancurkannya. Setelah percakapan grup dengan Pig Masks, semua orang akan pergi dan kamu akan kembali mendapatkan kendali. Di lorong, kamu akan mendengar monster menggeram di ruangan lain. Sekarang akan ada monster chimera besar berkeliaran di lab; jika kamu melihatnya, LARI! Jika mendekatimu, partymu akan langsung mati, jadi jaga jarak dan keluar/masuk kembali ruangan agar monster itu pergi ke tempat lain.

Bagaimanapun, pergi ke lorong dan masuk ke ruangan mata air panas untuk bersantai. Kembali ke lorong dan periksa tempat sampah di sebelah kiri, dan kamu akan menemukan Dr. Andonuts bersembunyi di dalamnya. Bicara padanya, lalu lari ke ruangan paling kanan. Di sana, masuk ke ruangan bawah dan turun ke panggung. Lari dari panggung dan masuk ke area lobi, lalu pergi ke atas ke lorong lantai pertama dari sana. Bicara dengan Dr. Andonuts di tempat sampah di lantai ini, lalu pergi ke ruangan paling kiri.

Gunakan lift ke B1 dan ikuti jalan sampai kamu menemukan 2 monyet dan mereka lari lagi. Kembali ke F1. Masuki pintu di kanan atas kamu akan bertemu chimera dan langsung kembali. Dia akan menggedor pintu, pergi ke kanan kamu akan menemukan monyet lagi dan ikuti dia ke kanan. Lihat adegannya dan salsa akan bergabung.

Setelah keluar dari lab, kamu akan berada di luar gedung di malam hari. Pergi ke atas melalui hutan sambil melawan musuh-musuh di sepanjang jalan. Jika kamu butuh menyembuhkan atau menyimpan permainanmu, cari katak di area tersebut.

Lanjutkan ke atas dan tim kamu akan kembali ke pabrik di Koba. Di sini, pergilah ke dalam pabrik dan gunakan peta pabrik untuk menemukan jalan ke kantor di bagian atas gedung. Di dalam, kamu akan menemukan lebih banyak Pig Masks yang sedang merencanakan sesuatu.

Bicara dengan mereka dan sebuah pertempuran akan terjadi. Kalahkan mereka dan kamu akan diberi akses ke area lain di pabrik. Lanjutkan menjelajahi pabrik untuk mengungkap lebih banyak rahasia dan menghadapi musuh-musuh yang semakin sulit.

Violet Forest

Masuk ke area tersembunyi ini dan berjalan ke atas. Di sini, kamu akan menemukan berbagai musuh baru dan jalur bercabang. Pertama, ambil jalur ke kanan dan ikuti sampai kamu menemukan kotak hadiah yang berisi Magic Tart. Kembali ke jalur utama dan teruskan ke atas.

Setelah beberapa saat, kamu akan mencapai sebuah ruangan besar dengan beberapa jalur lain. Pergi ke kiri terlebih dahulu untuk menemukan kotak hadiah lain yang berisi Beef Jerky. Kemudian, kembali ke ruangan besar dan lanjutkan ke atas.

Kamu akan mencapai sebuah area di mana kamu dapat melihat gerbang besar. Pergilah ke gerbang itu dan periksa. Ini akan membuka pintu menuju sebuah ruangan besar yang penuh dengan Pig Masks. Mereka akan berbicara sedikit sebelum menyerangmu, jadi bersiaplah untuk bertarung.

Setelah mengalahkan Pig Masks, lanjutkan ke atas dan kamu akan menemukan sebuah ruangan dengan pilar besar di tengah. Periksa pilar tersebut dan sebuah cutscene akan terjadi, menunjukkan Salsa dan yang lain membuka jalan lebih jauh ke dalam area tersembunyi ini.

Doria's House

Di area baru di balik tembok, kamu bisa berbicara dengan kodok dan menyimpan permainanmu. Jika kamu ingin meningkatkan level Salsa, kamu bisa kembali ke hutan dan melawan beberapa musuh, termasuk yang baru (Pig Bean). Ada kotak hadiah di sebelah kiri kodok penyimpanan, yang berisi Sarung Tangan Ajaib yang belum bisa kamu pakai. Bagaimanapun juga, pergilah ke atas dan masuk ke dalam rumah.

Di dalamnya, maju dan kamu akan bertemu dengan Doria dan Kumatora lagi. Di sini, bicaralah dengan mereka dan kemudian semua orang akan keluar. Di depan rumah ada dua kolam, tapi hanya satu yang terisi air, dan kebetulan saja itu adalah tempat di mana jarum pertama tersembunyi. Doria menjelaskan bahwa kamu perlu memindahkan air dari kolam kiri ke kolam kanan. Ketika kamu mendapatkan kendali lagi, pergilah ke bawah keluar dari area ini.

Violet Forest

Kembali ke sini lagi, lawan beberapa musuh saat kamu menuju ke kiri ke Chimera Lab sekali lagi. Ketika kamu mencapai area di depan lab, kamu akan melihat Dr. Andonuts berdiri di sana. Ajak dia bicara dan dia akan membawa keluar dua chimera dan sepasang kembar, dalam upaya untuk membantu situasimu di tempat Doria. Pilih yang paling kanan (yang bergaris merah/kuning), disebut Chimera Pompa, karena dua pilihan lainnya tidak akan berguna bagimu.

Bagaimanapun, katakan ya ketika kamu diminta untuk mengonfirmasi pilihanmu, kemudian kamu akan kembali ke tempat Doria dan Kumatora sedang menunggu.

Doria's House

Ketika kamu masuk ke area dengan Chimera Pompa, itu akan memindahkan semua air dari kolam kiri ke kolam kanan. Setelah itu selesai, jarum akan sepenuhnya terlihat. Turunlah tangga dan periksa itu, lalu bicaralah dengan Doria dan Kumatora sebelum akhirnya mengambil jarum itu. Pada titik ini, sebuah geiser merah akan meletus dan Lucas akan belajar PK Love Beta, yang pasti berguna. Namun, Doria akan menghilang karena kamu mengambil jarum, tetapi itu tidak masalah.

Setelah kamu naik, bicaralah dengan Kumatora dan dia akan berbicara tentang naga yang akan muncul setelah kamu mendapatkan semua jarum. Selain itu, Kumatora akan bergabung kembali dengan timmu. Setelah berpisah dengan Salsa dan pacarnya (Salsa akan memberikan Kumatora sebuah Nut saat kamu pergi), kamu akan mendapatkan kendali di luar.

Violet Forest

Sekarang setelah kamu memiliki jarum pertama, saatnya untuk melanjutkan lebih jauh. Jika kamu mau, kembali ke area sebelumnya dan simpan permainan. Jika tidak, pergilah ke bawah sekitar danau dan kamu akan disergap oleh Mr. Chuu. Pertempuran singkat akan terjadi, jadi kalahkan tikus ini dengan mudah. Setelah pertarungan, tikus itu akan kembali ke keadaan normal dan akan bicara denganmu sejenak sebelum melarikan diri.

Setelah itu, lanjutkan ke bawah dan coba ambil keluaran sebelah kanan dari sini. Mole Cricket dari awal permainan akan muncul (yang pernah kamu lawan dan kalahkan dengan mudah). Dia akan memimpinmu ke Lubang Mole Cricket, dan timmu akan mengikutinya otomatis melalui beberapa area untuk mencapai tempat tersebut. Ketika sampai di sana, Mole Cricket akan membuka lubang di tanah. Simpan permainan dengan kodok yang berada di dekatnya, lalu turunlah ke dalam lubang juga.

Mole Cricket Hole

Di sini, mulailah dengan mengikuti jalur sempit ke arah atas. Ketika kamu mencapai sarang lebah raksasa yang menghalangi jalan ke atas, pergilah ke kanan. Di sudut kiri bawah area terbuka ini, kamu bisa turun ke mata air panas melalui sebuah cangkang anggur (kamu juga bisa melihat uap keluar dari lubang tersebut). Karena jalur lainnya terhalang, ambillah jalur ke atas dan bicaralah dengan Mole Cricket di sana. Setelah banyak dialog, katakan ya untuk terlibat dalam pertempuran melawan Mole Cricket dari sebelumnya.

Setelah kamu mengalahkan Mole Cricket untuk kedua kalinya, bicaralah dengan mereka lagi. Mereka akan menawarkan bantuan dari Adik Kecil Mole Cricket (jika kamu tersesat, gunakan sebagai item untuk kembali ke pintu masuk; jika keluar dari gua, kamu harus bicara dengan mereka lagi untuk mendapatkan item baru). Katakan ya jika kamu ingin menggunakannya, lalu saat kamu mendapatkan kendali kembali, kembali ke bawah.

Sebagai catatan, mulai dari sini, jika kamu memeriksa sarang lebah di jalanmu, beberapa Mole Cricket akan muncul dan memecahkannya untukmu. Jika kamu pergi ke kanan dan memecahkan sarang lebah itu, kamu bisa bicara dengan Mole Cricket hijau untuk menyimpan permainanmu. Kamu juga bisa bicara dengan yang lainnya untuk menerima Peta Lubang Mole Cricket. Setelah itu, pergilah ke kiri dan pecahkan sarang lebah di sana untuk mencapai Mole Cricket yang menjalankan toko. Namun, mereka hanya menjual Bakpao.

Ketika kamu siap untuk melanjutkan lebih jauh ke dalam gua ini, pergilah ke kanan bawah dari mata air panas dan pecahkan sarang lebah di sana. Kemudian, naiklah ke bawah melalui cangkang anggur ke ruangan di bawahnya. Sekarang kamu berada di bagian labirin gua yang berkelok-kelok, jadi pastikan kamu memahami apa yang akan saya katakan agar berhasil melewati ini. Saat kamu berjalan di sepanjang jalan, kamu akan mencapai banyak percabangan di mana kamu bisa melanjutkan lurus atau belok. Untuk keluar, kamu harus mengambil setiap percabangan di jalan yang kamu temui. Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akhirnya akan mencapai sebuah pintu menuju area lain, diikuti dengan beberapa jalan lagi. Di bagian paling atas, jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan muncul di puncak gunung bersalju.

Snowy Mountain

Di sini, mulailah dengan pergi ke atas dan naik ke atas bukit. Selama naik ke gunung ini, kamu akan bertarung melawan Serigala dan Yeti; keduanya memberikan XP yang besar, jadi saya sarankan untuk sedikit naik level di area ini karena akan berlangsung cukup cepat. Apapun, di puncak bukit pertama, buka kotak hadiah untuk mendapatkan Double Beef Jerky. Kemudian, pergilah ke atas menuju area berikutnya.

Di bagian kedua, naiklah ke bukit curam menuju dataran tinggi. Begitu sampai di sana, turunlah ke bukit ke kiri dan buka kotak hadiah di bagian bawah untuk mendapatkan Crab Bracelet. Kembali naik ke bukit dan lanjutkan ke atas menuju bagian ketiga dari gunung ini. Di sana, pergilah ke atas dan kalahkan Yeti, kemudian masuk ke area berikutnya.

Lydia's House

Sesampainya di sana, kamu bisa berbicara dengan pria berbaju hijau untuk menyimpan barang-barangmu, karena kamu mungkin sudah kelebihan barang sekarang. Ada kodok penyimpan permainan di tebing atas, dan mata air panas di atas. Saat kamu mendekati mata air, sebuah Mole Cricket akan keluar dan menawarkan dagangannya padamu. Jika kamu tidak membeli apa pun sekarang, ia akan duduk di sebelah mata air panas. Akan menjadi ide yang baik untuk beristirahat di mata air dan menyimpan permainanmu (ini bagus untuk naik level di area sebelumnya).

Setelah kamu naik level sedikit dan membeli perlengkapan baru dari toko. Bicaralah dengan Lydia dan ikuti mereka ke dalam rumah di depan. Di dalam, bicaralah dengan Lydia lagi untuk beberapa saat. Ketika Lydia bergerak menuju pintu dan berhenti berbicara, periksa pintu tersebut dan akan ada suara keras yang membangunkan Pig Mask yang sedang tidur di rumah itu. Saat kamu siap untuk melanjutkan, masuklah melalui pintu ke area belakang.

Di luar sana, kamu akan merasakan beberapa getaran dan area tersebut akan berkedip dengan beberapa warna. Saat kamu bergerak maju, kamu akan melihat Himohebi (orang yang kamu temui di pesawatnya di akhir Chapter 5) mengambil jarum kedua. Saat dia melarikan diri, dia mengirim Mecha-Gorilla untuk menyerangmu.

Setelah kamu mengalahkan bos yang menantang ini, Kumatora akan menunjukkan bahwa jarum tersebut telah dicuri dan kamu perlu memberi tahu Lydia. Saat kamu kembali menuju rumah, Lydia akan keluar. Seperti saat kamu mengambil jarum pertama, Lydia akan menyuruhmu untuk melanjutkan sebelum menghilang begitu saja. Pada saat ini, kamu juga akan menerima Kenang-kenangan Lydia. Masuklah ke dalam rumah dan berbicaralah dengan Pig Mask di dalam, lalu ambil jalan keluar ke bawah. Istirahatlah di mata air panas dan simpan permainanmu dengan kodok, kemudian kembali melalui rumah dan lanjutkan ke kiri atas ke area yang benar-benar baru.

Pada titik ini, kamu akan ditanya apakah kamu ingin meninggalkan Gunung Salju. Ini adalah keputusan sekali saja, dan jika kamu pergi, kamu tidak bisa kembali. Jika kamu ingin tetap tinggal dan naik level sedikit lagi, silakan saja. Ketika kamu siap untuk melanjutkan, katakan ya. Tim kamu kemudian akan berjalan ke kejauhan menuju puncak gunung terdekat, dan meluncur darinya sambil berada di dalam kulkas!

Cemetery

Setelah timmu mendarat di Pemakaman dekat Tatsumairi, keluarlah dan kamu akan melihat botol biru yang bergoyang-goyang di dekatnya. Bicaralah dengannya dan katakan ya, maka kamu akan turun ke lorong bawah tanah di bawahnya.

Underground Passage

Di sini, turunlah tangga terdekat ke area bawah, lalu pergilah ke kanan. Di ruangan berikutnya, simpan permainanmu dengan kodok, lalu bicara dengan botol biru yang kamu temukan (ini sedikit mengingatkan pada berbicara dengan Mr. Saturn di EarthBound/Mother 2). Katakan ya padanya, lalu periksa meja di dekatnya dan kamu akan ditanya apakah kamu ingin menaikinya (katakan ya lagi). Naik meja ini, masuklah ke terowongan sebelah kanan. Ikuti terowongan ini sampai ke kanan, lalu ke atas menuju Highway.

Highway

Ketika kamu mencapai segmen jalan beraspal, gunakan peta saat kamu terus ke kanan dan ke atas. Tujuannya adalah untuk menuju ke sudut kanan atas dekat Area Parkir, seolah-olah kamu akan pergi ke Thunder Tower. Setelah kamu mencapai titik itu, lanjutkan ke kanan dan berkendaralah melalui terowongan seperti yang kamu lakukan sebelumnya dengan Pork Bean. Ketika kamu mencapai persimpangan kali ini, kamu tidak akan otomatis terdorong ke kiri, jadi ambillah jalan ke kanan menuju sebuah gua.

Saturn Valley Cave

Di dalam gua ini, turunlah (tekan B) dan kalahkan musuh-musuh saat kamu menuju ke bawah. Kamu akan bertemu dengan Mr. Saturn yang jatuh di sepanjang jalan, dan jika kamu terus ke kanan, kamu akan muncul di Lembah Saturn yang tersembunyi.

Saturn Valley

Ketika kamu tiba di lembah ini, pergilah ke bawah sepanjang jalan untuk mencapai tingkat dasar. Jika kamu membuka kotak hadiah di sudut, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa, jadi jangan khawatir untuk membukanya jika kamu tidak ingin. Di sudut kiri atas ada tangga yang bisa kamu naiki, dengan kotak hadiah di atasnya yang berisi Black Collar (lengkapi ke Boney segera). Jika kamu melewati gua di ujung atas, kamu akan mencapai dataran tinggi di mana mata air panas berada. Di sini juga ada kotak hadiah dengan Life Noodles di dalamnya.

Di area utama desa, ada 4 rumah. Di dalam setiap rumah terdapat sekelompok Mr. Saturn yang berjajar di sepanjang dinding. Jika kamu memasuki 3 rumah pertama (biarkan yang paling atas untuk terakhir), kamu harus melawan Robot yang Ditakuti dan Letnan Pig Mask untuk menyelamatkan Mr. Saturns. Di rumah kiri atas, kamu bisa membuka kotak hadiah untuk mendapatkan Good Kid's Shirt, yang harus kamu lengkapi pada Lucas segera.

Di rumah kiri atas, bicaralah dengan Mr. Saturn di kiri atas dan katakan ya untuk mendapatkan Dragonfly. Juga, buka kotak hadiah di atas tangga di rumah yang sama (yang ada di lantai tidak berisi apa-apa) untuk mendapatkan Strawberry Tofu. Setelah kamu membersihkan tiga rumah pertama, masuklah ke rumah kanan atas. Di sana, kamu akan menemukan Duster terikat bersama dengan beberapa Mr. Saturns. Kamu kemudian akan diserang oleh Robot yang Ditakuti dan 2 Komandan Pig Mask. Kalahkan mereka, dan timmu akan membebaskan Duster dan Mr. Saturns.

Setelah beberapa percakapan, Duster akan bergabung kembali dengan timmu. Bicaralah dengan Mr. Saturn yang berdiri di dekat totem raksasa, lalu bicaralah dengan Mr. Saturn yang berada di paling kiri untuk menerima Peta Lembah Saturn. Keluar dari rumah ini, dan desa sekarang akan kosong dari Pig Mask. Jika kamu masuk ke rumah kiri bawah, itu telah menjadi toko, dan kamu bisa berbicara dengan dua Mr. Saturns untuk membeli beberapa barang. Pastikan untuk menarik banyak uang dari kodok di luar, dan tingkatkan semua perlengkapanmu sekarang karena kamu memiliki kesempatan.

Ketika kamu siap untuk melanjutkan, pergi ke ujung atas desa dan masuk ke dalam gua untuk mencapai mata air panas. Dari sana, lanjutkan ke atas menuju tebing yang tinggi. Periksa tebing tersebut beberapa kali dan Duster akan menyadari bahwa Tangga Dinding bisa digunakan, tetapi bagian-bagian yang bisa digunakan terlalu tinggi. Bicaralah dengan Mr. Saturn di dekatnya, dan sekelompok Mr. Saturns akan muncul dan bertumpuk, memungkinkan timmu untuk memanjat dan menggunakan Tangga Dinding. Di puncaknya, pergi ke atas menuju area baru.

Phrygia's House

Pergilah ke atas, Mole Cricket di sini menjalankan toko yang menjual barang untuk menghilangkan efek status, jadi beli beberapa jika kamu mau. Jika tidak, lanjutkan ke rumah Phrygia. Di dalam, kamu akan melihat Phrygia berbaring di tempat tidur di sebelah kiri. Bacalah tanda yang dipasang di ujung tempat tidur (katakan ya ketika ditanya apakah kamu ingin membacanya). Setelah selesai, kamu akan menerima item kunci Words of Encouragement.

Sekarang, keluar dari rumah dan pergi ke area kiri aras, di mana kamu akan menemukan sebuah batu. Periksa batu tersebut dan batu itu akan bergerak karena Words of Encouragement. Lebih jauh ke atas ada 3 batu yang menghalangi jalanmu. Pertama, periksa batu di sudut kanan bawah untuk memindahkannya. Kemudian, pindahkan batu di belakangnya. Kembali dan pindahkan batu pertama ke kanan, lalu akhirnya pindahkan batu kiri ke samping. Dengan jalan yang sudah jelas, lanjutkan ke atas.

Volcano

Di area baru ini, kalahkan Sky Taitani dan Mrs. Lava yang kamu temui. Di sebelah kiri ada kotak hadiah yang berisi Pencil Rocket (berikan ini kepada Boney). Saat kamu melanjutkan ke atas, tetap di sisi kanan di mana kamu akan menemukan kotak hadiah lain dengan Double Beef Jerky di dalamnya. Di depan, kamu akan bertemu dengan beberapa Pig Masks yang tampaknya sedang berbicara dengan Yokuba di telepon. Mereka akan mencoba menyerangmu, jadi kalahkan Letnan Pig Mask ini dengan cepat.

Setelah mereka pergi, lanjutkan ke atas dan lawan beberapa musuh biasa lagi. Buka kotak hadiah di sebelah kanan untuk mendapatkan Life Noodles, lalu lanjutkan ke dalam gua. Di sini, pergilah ke atas dan kiri, mengalahkan musuh-musuh yang kamu temui. Kamu akan melihat apa yang tampaknya adalah ruangan tersembunyi di bawah. Masuklah ke sana dan kalahkan Eviler Mushrooms, kemudian buka kotak hadiah untuk mendapatkan Salt Water Gun. Setelah itu, kembali ke ruangan sebelumnya.

Teruskan perjalananmu ke kiri atas melalui ruangan ini, sambil melawan berbagai musuh di sepanjang jalan. Di sisi kiri, ada ruangan aman yang bisa kamu masuki. Di sana akan ada kupu-kupu yang akan memulihkan HP/PP (ia akan muncul kembali saat kamu keluar/masuk ruangan), dan dua kotak hadiah. Kotak yang paling dekat dengan pintu masuk tidak berisi apa-apa, tetapi yang di bawah berisi High-Class Banana.

Keluar dari ruangan dan ambil jalur yang menuju ke kanan bawah. Di persimpangan 4-arah, pergi ke atas dan mengelilingi untuk menemukan kotak hadiah yang berisi Divine Medicine. Kembali ke persimpangan, lalu pergi ke kanan. Ikuti jalur ini hingga berbelok ke atas, dan kamu akan mencapai jarum. Ketika kamu mendekatinya, Yokuba akan muncul bersama robot pendampingnya dengan jetpack. Setelah beberapa percakapan antara mereka berdua, kamu akan bertempur melawan New Yokuba.

Setelah pertarungan, Yokuba dan Tsuuyaku (asisten robotnya) akan mundur, meninggalkanmu dengan jarum tersebut. Periksa jarum untuk mendapatkannya, dan pembukaannya akan mengeluarkan geyser. Lucas akan mempelajari PK Love Gamma juga. Setelah itu, Phrygia akan masuk ke area tersebut, yang sudah memudar. Bicaralah dengan mereka, dan kamu akan menerima Phrygia's Note, serta Phrygia's Memento. Ketika mereka sepenuhnya menghilang, kamu akan kembali mengendalikan tim.

Jika kamu ingin terus bertempur di gunung berapi (tempat yang bagus untuk naik level dengan relatif cepat, meskipun kamu perlu banyak menggunakan PK Freeze), silakan saja. Pada titik ini, timmu seharusnya berada di level 45. Ketika kamu siap untuk melanjutkan permainan, keluar dari area gunung berapi dan pergilah ke bawah kembali ke Lembah Saturn.

Saturn Valley

Kembali di area ini, turunlah dari tangga dan ikuti jalur ke bawah. Istirahatlah dengan baik di mata air panas, lalu lewati gua untuk mencapai area desa. Kamu akan menyaksikan adegan di mana kapal Pig Mask mendarat di tebing kiri. Seorang Pig Mask akan keluar dan membom pintu masuk, yang berarti kamu tidak dapat keluar dari desa untuk sementara waktu.

Ketika kamu mendapatkan kembali kontrol, lari ke bawah dan kiri, dan naiklah jalur menuju terowongan yang baru saja diblokir. Periksa puing-puingnya, lalu kembali ke kota. Di desa, masuklah ke rumah kanan laut (yang ada totem pole-nya) dan bicaralah dengan Mr. Saturn di depan tiang. Setelah menjelaskan bahwa terowongan terblokir, keluar dari rumah.

Sekarang kamu seharusnya melihat Mr. Saturns yang memegang balon di seluruh area. Bicaralah dengan mereka, lalu naiklah jalur kiri dekat terowongan. Kamu akan melihat beberapa burung merah melompat-lompat di sekitar. Jangan lari di sini; dekati perlahan dan bicaralah dengan salah satu burung untuk menangkapnya. Sekarang, kembali ke rumah kanan laut dan bicaralah dengan Mr. Saturn di dalamnya lagi. Setelah itu, masuklah ke gua atas dan masuklah ke mata air panas di ujung lainnya. Bicaralah dengan Mr. Saturn yang duduk di mata air panas juga, dan kamu akan bisa istirahat sementara ringkasan muncul di layar.

Setelah itu selesai, adegan akan kembali ke mata air panas. Seorang Mr. Saturn akan memanggilmu, jadi keluar dari mata air panas dan bicaralah dengannya. Kemudian, lewati gua ke area bawah, di mana kamu sekarang akan melihat kandang burung raksasa dengan banyak burung di dalamnya. Periksa kandang tersebut dan katakan ya ketika diminta, dan Red Snake akan muncul dari belakang rumah terdekat. Katakan ya padanya, dan kandang burung akan terangkat dari tanah. Saat kandang itu terbang pergi, Duster akan menggunakan Red Snake, memungkinkan timmu untuk berpegangan pada kandang. Setelah penerbangan yang baik, kelompokmu akan kehilangan pegangan pada kandang dan jatuh ke tanah.

Beach

Setelah kelompokmu jatuh ke dalam air, kalian akan terdampar di pantai dekat Desa Tatsumairi. Red Snake akan meninggalkan kalian di titik ini juga. Dengan kendali atas kelompok lagi, pergilah ke kanan. Jika ingin beristirahat, bicaralah dengan pria yang berbaring di kursi pantai. Bagaimanapun, kamu akan melihat sebuah panah menunjuk ke pasir. Periksa tempat yang ditunjuk dan seekor kepiting akan muncul. Setelah selesai berbicara dengannya, periksa tong air dan simpan permainan dengan katak di dalamnya.

Dari sini, jika kamu mendekati air, kamu akan memiliki opsi untuk menyelam. Katakan ya dan kamu akan masuk ke laut.

Sea

Ketika kamu berada di bawah air, kamu akan melihat meteran di layar. Meteran ini akan berkurang seiring waktu kamu habiskan di bawah air, dan jika habis, kamu akan terdampar kembali di pantai. Untuk mengisi ulang meteran napas, kamu akan melihat mermen mengambang di sepanjang jalan; bicaralah dengan mereka dan katakan ya untuk mengisi ulang meteranmu. Bagaimanapun, pergilah ke bawah dan kamu akan mencapai merman pertama. Pada titik itu, turunlah ke lubang di sebelah kiri. Lewati jalur tersebut, melawan Strange Fish di sepanjang jalan. Di ujung lain, naiklah dan buka kotak hadiah untuk mendapatkan Girl's Bracelet.

Kembali dan isi ulang napasmu, lalu lanjutkan ke bawah. Akan ada jalur yang bercabang ke kanan; ambillah untuk menemukan kotak hadiah berisi Underwater Map. Lanjutkan ke bawah dan kamu akan melihat bahwa jalur tersebut akan bercabang lagi. Ambil jalur ke kanan ke ruangan berikutnya, di mana kamu akan menemukan merman untuk mengisi ulang suplai udara.

Jika mau, kembali ke area sebelumnya dan ambil jalur ke kiri ke area berikutnya. Lewati ruangan penuh ikan (kamu bisa berbicara dengan mereka) dan turunlah ke ruangan lain di mana kamu akan menemukan merman untuk mengisi meteranmu. Jika kamu terus maju, kamu bisa naik ke ruangan terakhir dengan kotak hadiah berisi Amazing Crown untuk Lucas (ini membuat perjalanan itu sepadan).

Tunggu sampai udara habis sehingga kamu bisa mulai dari awal, atau buat jalanmu kembali ke persimpangan jalur. Terlepas dari bagaimana kamu melakukannya, lanjutkan sepanjang jalur ke kanan. Di ruangan aman ini, gunakan merman untuk mengisi ulang udara. Kemudian, buka dua kotak hadiah di sisi kanan untuk mendapatkan Magic Tart dan Double Beef Jerky. Di sebelah kiri ada Hermit Crab; kamu harus kembali kepadanya nanti untuk mendapatkan uang cepat. Kalahkan Selfish Clams sebelum melanjutkan ke area bawah (gunakan merman sebelum masuk ke area berikutnya).

Di bagian berikutnya, pergilah ke bawah dan lawan Pig Mask Submarines. Ikuti jalur ke kanan dan abaikan merman pertama (tidak berfungsi). Lebih jauh ke bawah, isi ulang meteran udara dengan merman kedua. Pergilah ke bawah untuk menemukan kotak hadiah berisi Life Noodles, kemudian isi ulang udara lagi sebelum menuju ke kiri. Kalahkan musuh Sea Crayfish yang kamu temui, kemudian isi ulang dengan merman sebelum melanjutkan ke bawah lagi.

Di ruangan ini, kamu akan melihat beberapa lubang yang bisa kamu masuki. Jika kamu masuk ke lubang paling kiri, kamu bisa mengisi ulang udara dengan merman di dalamnya. Ada juga kotak hadiah di sana dengan Magic Tart di dalamnya. Di lubang atas, kamu akan menemukan Hermit Crab's Shell. Bawa kembali ke hermit crab yang kamu temui sebelumnya dan kamu akan menerima 1000DP (ini opsional). Di lubang tepat di bawahnya, kamu akan menemukan Bomb di kotak hadiah lainnya. Lubang-lubang di sebelah kanan akan mengarah ke ruangan yang sama di bawah. Di sana, kamu akan menemukan 2 kotak hadiah berisi Puzzle Card 3 dan Magic Pudding.

Setelah selesai menjelajahi sini, pergilah ke bawah dan isi ulang persediaan udara. Di area berikutnya, lanjutkan dan kamu akan menemukan katak yang berenang di dekat merman. Sembuhkan dirimu, lalu simpan permainanmu di titik ini. Kemudian, isi ulang udara sebelum kamu melanjutkan. Pergilah ke kanan dan kamu akan menemukan kotak hadiah yang berisi Magic Tart. Saat kamu pergi ke bawah, kamu akan tersedot ke dalam bos yang menunggu di sana.

Setelah pertarungan, kamu akan segera terdampar di pantai, di area baru.

Tanehineri Island

Setelah kamu terdampar di sini, kamu akan menemukan bahwa semua barangmu hilang, kecuali apa yang saat ini dipakai oleh masing-masing karakter. Selain itu, HP semua orang berada di 1 dan PP di 0. Pergilah ke bawah dan bicaralah dengan kadal hijau yang tidur di tanah untuk menyimpan permainanmu. Jika kamu pergi ke kanan, kamu akan bertemu dengan Zombie Shroom, yang sangat disarankan untuk dihindari (kamu akan mati seketika melawannya).

Kamu akan melihat sepetak jamur ungu di dekatnya; periksalah dan katakan ya kedua kalinya. Party kamu akan memakan jamur aneh dan masuk ke dunia alternatif. HP/PP partymu akan dipulihkan (jika kamu ingin memulihkannya lagi saat di sini, makanlah lebih banyak jamur). Bagaimanapun, pergilah ke kanan dan kamu akan melihat Flint. Bicaralah dengannya dan kamu harus melawan musuh (itu akan muncul sebagai Wajah Aneh, seperti semua musuh lainnya di wilayah ini, tetapi sebenarnya adalah Zombie Shroom).

Kalahkan musuh itu, lalu pulihkan kesehatanmu dengan jamur sebelum melanjutkan ke kanan. Di area kedua, bicaralah dengan Wes dan dia akan menghilang. Pergilah melalui lorong tersembunyi ke atas melalui pepohonan, dan buka kotak hadiah di sana yang berisi High-Class Banana. Lanjutkan ke kanan dan kamu akan menemukan tempat sampah dengan Life Noodles di dalamnya. Pergilah ke kanan atas dari sana dan kamu akan bertemu Claus. Bicaralah dengannya dan kamu akan memasuki pertempuran lain, kali ini melawan Monkey Walrus. Kalahkan itu, lalu pergilah ke bawah dan kiri, bertarung melawan beberapa orang/musuh lagi.

Di ujung bawah, lawan Claus (Dragonfly) lagi. Setelah itu, buka tempat sampah di kiri untuk menemukan Crocodile Hat. Pergilah ke kanan dan lawan beberapa musuh lagi. Pergilah ke kanan bawah melalui lorong tersembunyi di antara pepohonan dan buka tempat sampah di sana untuk menerima Fairy Ribbon. Lanjutkan ke atas dari sini dan lawan beberapa musuh lagi sebelum melanjutkan ke area berikutnya.

Di sini, kamu akan melihat tanda yang mengarah ke kiri menuju pemandian air panas. Kalahkan versi palsu Salsa dan Alec, lalu periksa tempat sampah untuk menemukan Insecticide. Di area kiri, kamu akan menemukan pemandian air panas, di mana kamu bisa beristirahat jika diperlukan. Di kanan ada lebih banyak musuh dan beberapa tangga untuk dinaiki. Di puncak dataran tinggi, bicaralah dengan katak yang terbang untuk menyimpan permainanmu. Dari sini, pergilah menyeberangi tangga hijau ke rumah Mixolydia.

Mixolydia's House

Di dalam, pergi ke bagian belakang dan bicaralah dengan Mixolydia (si "gadis"). Katakan iya dan dia akan menyuruh semua orang berbaris menghadap ke arahnya. Dia kemudian akan memukul semua orang dengan papan kayu, menyebabkan kelompokmu sadar dari efek halusinasi jamur sebelumnya. Sekarang setelah kamu melihat kenyataan, bicaralah lagi dengan Mixolydia. Kemudian, bicaralah dengan gurita merah yang duduk di dekatnya dan dia akan mengembalikan semua barangmu.

Karena kamu sudah selesai di sini untuk saat ini, keluarlah dari rumah. Simpan permainanmu dengan katak, dan periksa toko mole cricket yang ada di dekatnya. Tingkatkan peralatanmu jika ingin, atau masuk ke gua kanan yang sekarang dapat diakses.

Island Cave

Di dalam gua ini, bergeraklah ke atas dan terus ke kanan. Akan ada Jamur Jahat dan Taitanian di depan. Di ujung gua, pergilah ke bawah untuk keluar.

Island Summit

Di luar sini, pergilah ke kanan dan kalahkan musuh Annoying Wind saat kamu bergerak ke atas. Jika kamu membuka kotak hadiah di sebelah kanan, kamu akan mendengar musik mambo tetapi tidak akan mendapatkan apa-apa. Di atas, kamu akan melihat jembatan kayu yang bisa kamu lintasi. Sebelum kamu pergi ke atas, pergilah ke kiri untuk mencapai kotak hadiah yang berisi Vigor Stick untuk Lucas.

Kembali ke jalur utama dan lanjutkan ke atas melintasi jembatan pertama. Di persimpangan berikutnya, pergilah ke kanan dan buka kotak hadiah di sana untuk mendapatkan Yellow Bandana. Lanjutkan di sepanjang jalur jembatan, dan kamu akan segera mencapai seekor katak. Sembuhkan diri dan simpan permainan, lalu ketika kamu siap, pergilah ke atas. Kamu akan melihat jarum berikutnya di tanah, tetapi dikelilingi oleh 3 patung tanah liat ungu. Saat kamu mendekat, mereka akan menyerangmu.

Setelah pertarungan, trio patung tanah liat akan menghilang dan kamu akan memiliki jarum tersebut. Namun, sebelum kamu sempat mengambilnya, sebuah kapal babi akan muncul dengan kapal induk raksasa di atasnya. Sebuah kapal kecil akan mendarat dan banyak Pig Masks akan keluar untuk menggulung karpet merah bagi pemimpin mereka yang tampaknya. Dia akan memaksa kelompokmu menyingkir dan mencuri jarum tersebut darimu!

Adegan berikutnya akan menunjukkan Mixolydia yang akan menghilang di depan kelompokmu. Kelompokmu akan bangkit dan mendengarkan Mixolydia berbicara sebentar. Dia akan memberitahumu untuk kembali ke Desa Tatsumairi dan memberikan Lucas item Mixolydia's Memento sebelum menghilang. Kamu juga akan menerima Tasty Pickles, yang diminta untuk disampaikan kepada Ionia saat kamu kembali ke Tatsumairi.

Sekarang setelah Mixolydia pergi, pergilah ke bawah. Setelah itu, kembali ke jalur dan masuk ke gua untuk mencapai area bawah.

Tanehineri Island

Saat kamu keluar dari gua, simpan permainanmu dengan katak yang ada di dekatnya, lalu turun dari tangga ke bawah. Pergilah ke bawah dan kiri melalui hutan pulau sampai kamu mencapai tepi pantai. Setelah itu, bicaralah dengan gurita yang akan bertindak sebagai taksi dan kembali ke pantai di Tatsumairi.

Beach

Sekarang, naiklah ke atas melalui tangga dan ikuti jalan ke kanan bawah. Di area kanan, bicaralah dengan Alec sebelum melanjutkan di jalan. Di ujung jalan, bicaralah dengan Mapson dan dia akan menandai tujuanmu berikutnya di peta. Sekarang, pergilah ke kanan menuju kota.

Central Plaza

Pergilah ke atas menuju stasiun kereta, lalu arahkan ke kiri menuju area Sanctuary. Dari situ, pergilah ke atas menuju hutan.

Teri Forest

Di sini, periksalah peta saat kamu menuju ke atas melalui berbagai area. Cukup lari melewati musuh dan kamu akan segera sampai di tebing.

Base Cliffs

Seberangi papan kayu melintasi sungai, dan kamu akan berhenti sebentar. Setelah itu, masuklah ke area sebelah kiri atas.

Ausakeki Ridge

Di area ini, partymu akan melihat beberapa titik yang berkilau di tanah. Mereka akan mencari di sekitar area tersebut, meninggalkanmu dengan kontrol atas Boney. Periksalah setiap titik yang berkilau satu per satu dan ajak bicara Lucas setelah setiap titik untuk mendapatkan sebuah item. Setelah kamu memeriksa cukup banyak titik, partymu akan berkumpul kembali. Jadi, pergilah ke atas menuju area berikutnya.

Di sana, pergilah ke kiri jauh dan masuki gua di sana untuk mencapai pemandian air panas. Simpan permainanmu dan istirahat di sini jika mau (atau kamu bisa kembali nanti jika diperlukan). Ada juga toko mole cricket di area belakang, jadi tarik uang dari kodok dan tingkatkan perlengkapanmu sekali lagi. Saat kamu siap untuk melanjutkan, keluar dari gua dan pergi ke kanan jauh. Ikuti jalur ke atas dan kiri, dan bersiaplah untuk melawan musuh yang lebih sulit di sepanjang jalan. Di atas jalur berkelok, masuki gua yang kamu temui.

Mountain Cave

Di gua ini, pergilah ke atas dan kamu akan melihat beberapa tangga. Sebelum naik ke atas, buka kotak hadiah di sudut kanan atas untuk mendapatkan peta. Naiklah ke dataran atas dan kalahkan musuh Mecha Mole! yang ada di sana, kemudian kamu akan melihat dua jalur yang bisa dipilih.

Jika kamu melalui ruangan ke kiri, kamu akan menemukan kotak hadiah berisi Magic Pudding. Jika kamu mengikuti jalur keluar di sana, kamu akan mencapai area gua baru. Buka kotak hadiah di area bawah sana untuk menemukan Yellow Bustier. Masuklah ke ruangan atas dan kamu bisa melawan musuh bernama Negative Man. Ia bisa menjatuhkan Meteotite yang bisa kamu jual.

Setelah itu, kembali ke ruangan pertama gua (tempat kamu pertama kali melihat musuh Mecha Mole!). Kali ini, pergi ke ruangan kanan atas. Di sini, kamu akan melihat lagi perpecahan jalur. Jika kamu pergi ke atas, kamu akhirnya akan sampai ke ruangan penuh Sticky Slugs dan 2 kotak hadiah berisi Life Noodles dan Checkered Collar untuk Boney. Namun, jika kamu mengikuti jalur bawah, kamu harus melawan beberapa Big-Headed Aliens. Kamu juga akan mencapai pintu keluar gua dengan cara itu.

Ionia's House

Di area ini, buka kotak hadiah di kanan bawah untuk mendapatkan Magic Tart. Kemudian, ambil jalur kanan atas menuju seekor katak tempat kamu bisa menyimpan permainanmu. Setelah itu, naiklah ke tangga menuju rumah Ionia. Di dalamnya, bicaralah dengan Ionia dan kamu akan memberikan pickles yang diterima sebelumnya. Setelah berbicara panjang lebar, kamu akan menerima Water of Time dari Ionia dan diminta untuk pergi ke kuil terdekat untuk menggunakannya. Jika kamu berbicara dengan Ionia lagi, mereka akan memulihkan HP/PP-mu sepenuhnya.

Di luar rumah, simpan permainanmu dengan katak lagi. Juga, pastikan untuk memeriksa toko Mole Cricket di sebelah kanan. Ketika kamu pergi ke bawah untuk menyeberangi jembatan kayu, kamu akan terhalang oleh Mr. Saturn. Bicaralah dengannya dan kamu akan menerima Franklin Badge (Courage Badge akan menjadi ini), yang dapat digunakan untuk memantulkan serangan petir. Jadi, pergilah ke kiri dan ambil jalur kiri atas kali ini menuju area baru.

Chubichuboi Temple

Ketika kamu tiba di sini, kamu akan menyaksikan sekumpulan Pig Masks mencoba memasuki kuil di depan. Penjahat tersebut akan meledakkan jalan mereka, tetapi Pig Masks akan menyadari kehadiranmu dan pertarungan akan dimulai. Pertarungan ini melibatkan 2 Pig Mask Commanders dan 1 Pig Mask Captain. Setelah pertarungan, bos utama akan mencoba menyerang Lucas dengan serangan petir. Untungnya, Franklin Badge akan memantulkan serangan itu ke musuh. Dia kemudian akan menyerang partimu, dan pertarungan bos akan dimulai.

Setelah pertarungan, Masked Man akan terbang pergi dan Pig Masks akan melarikan diri. Kamu akan mendapatkan kontrol atas partimu lagi. Ketika kamu siap untuk melanjutkan, pergilah ke atas menuju kuil dan periksa area pusat yang penuh tanaman. Katakan ya dan area tersebut akan dibersihkan, memungkinkanmu untuk memasuki kuil.

Di dalam kuil, naiklah tangga yang ada di depanmu dan periksa jarum emas di puncaknya. Ionia akan masuk dan berbicara denganmu sebentar. Kumatora juga akan mempelajari PK Starstorm, yang merupakan serangan PSI yang sangat kuat dan akan sangat berguna ke depan. Sebagai Lucas, maju ke jarum tersebut dan ambil. Dengan melakukan ini, Lucas juga akan mempelajari PK Love Omega. Setelah beberapa percakapan, Ionia akan menghilang. Pada titik ini, layar akan menjadi kosong dan kamu akan diminta untuk menyimpan permainan di akhir Chapter.

Chapter 8 - Everything and Everything

Limousine

Setelah keluar dari kuil, sebuah limusin akan menunggumu di luar. Partymu akan masuk ke dalamnya, dan limusin tersebut akan lepas landas ke udara, menuju New Pork City. Berjalanlah di sekitar, cek kolam/hot spring. Kemudian, bicaralah dengan sopir dan kamu akan mendarat di kota, dan Chapter 8 akan resmi dimulai.

New Pork City

Setelah mendarat di kota, sopir limusin akan memberimu Peta Kota. Pergilah ke kanan dari tempat parkir untuk mencapai area berikutnya. Di area berikutnya, di mana kamu akan menemukan teater; masuklah ke dalam.

Theater

Di dalam, bicaralah dengan wanita di belakang konter sebelah kiri untuk membeli beberapa peningkatan peralatan. Masuklah ke ruang bioskop dan bicaralah dengan semua orang yang berdiri di sekitar. Kemudian, periksa kursi depan kiri dan seekor serangga akan melompat ke atas panggung. Boney akan mengejarnya sebelum mengikutinya ke dalam lubang di salah satu pengeras suara. Kamu tidak bisa melakukan apa pun di sini untuk saat ini, jadi keluarlah dari teater dan pergilah ke kiri ke area sebelumnya. Setelah di sana, masuklah ke game room.

Game Room

Di sini, bicaralah dengan pria di sisi kanan ruangan. Terima bantuannya dan dia akan membuka tangga tersembunyi yang mengarah ke ruang bawah tanah, jadi turunlah ke sana.

Basement

Di ruang bawah tanah arcade, kamu akan menemukan banyak limbah beracun dan sejenisnya yang mengapung di sekitar. Mulailah dengan berlari melintasi jembatan sampah, lalu menuju ke kanan. Di area kedua, lintasi sungai beracun lagi dan periksa lubang kecil jika kamu mau. Jika tidak, panjat tangga ke tingkat atas dan kamu akan melihat 2 pintu. Ruangan di kiri adalah pemandian air panas di mana kamu bisa memulihkan HP dan PP kapan saja. Di ruangan kanan, kamu akan menemukan 3 tempat sampah. Salah satunya adalah musuh Putrid Man, dan lainnya berisi Salt Water Gun dan Magic Pudding.

Istirahatlah di ruang pemandian air panas, lalu panjat tangga kiri. Kalahkan beberapa Metallic Roaches dan menuju ke area kiri. Di sana, lawan beberapa musuh lagi saat kamu mendekati tangga. Panjatlah dan pergi ke kiri menuju toko jangkrik tanah. Setelah selesai di sini, masuklah melalui pintu ke ruangan berikutnya.

Leader's House

Di bangunan kotor ini, naik ke lantai atas, lalu turun ke lorong untuk bertemu lagi dengan Boney. Setelah dia bergabung kembali denganmu, masuklah ke ruangan di depan. Di sana, bicaralah dengan pria tinggi bernama Leader. Dia akan berbicara untuk waktu yang sangat lama, jadi jawab ya setiap kali dia bertanya. Setelah dia selesai berbicara, periksa stink bug dan dia akan ikut denganmu (periksa di menu key items jika kamu ingin mendengar cerita Leader lagi).

Dari sini, keluar dari ruangan dan pergi menyusuri lorong, lalu turun ke ruang bawah tanah game room lagi.

Basement

Di sini lagi, buat jalan kembali melalui ruangan yang penuh sampah. Ketika kamu mencapai tangga terakhir yang mengarah ke ruang game, kamu akan dihadang oleh Tsuuyaku dan Yokuba lagi. Setelah beberapa percakapan, kamu harus bertarung lagi dengan Miracle Yokuba.

Setelah pertarungan, Yokuba akan tenggelam ke dalam aliran racun dan Tsuuyaku akan melarikan diri. Lanjutkan maju dan naik tangga, lalu keluar dari arcade sepenuhnya.

New Pork City

Di luar sekali lagi, pergi ke kiri dan ambil jalur yang menuju atas ke area berikutnya. Di sini, kamu bisa pergi ke kiri ke food court, di mana kamu bisa membeli beberapa makanan mahal namun berguna. Jika tidak, ambil salah satu eskalator yang naik ke area atas kota. Ada taman hiburan di area kiri atas, dan Gedung Empire Porky di area tengah atas. Jika kamu mengambil jalan ke kanan menuju patung Pokey, kamu bisa turun tangga dan berbicara dengan Pig Mask di bawahnya untuk membeli beberapa senjata sekali pakai, seperti Pencil Rockets. Bagaimanapun, ketika kamu siap, masuklah ke gedung di puncak kota.

Empire Pokey Building

Setelah kamu masuk ke gedung besar ini, kamu bisa membeli beberapa persediaan dari toko mole cricket di depan meja. Ruangan di sebelah kanan memiliki mata air panas, jika kamu perlu kembali ke bawah dan istirahat. Masuklah ke ruangan kiri dan periksa lift, yang hanya bisa pergi ke lantai 24 saat ini. Pilih jawaban pertama kedua kali saat diminta, dan kamu akan naik ke lantai 24.

Setelah berhenti, kamu akan menemukan seorang penggemar DCMC yang berdiri di dekatnya. Masuk ke kamar kanan, dan kamu akan dihentikan oleh seorang pria yang keluar dari lift. Bicaralah dengannya, lalu pergi ke kanan ke ruang tunggu. Masuklah ke ruangan di atas, dan kamu akan bertemu dengan seorang pria bernama OJ, yang akan berbicara dengan Kumatora karena dia bekerja untuk DCMC sebelumnya dengan menyamar. Setelah sedikit percakapan dengan kelompokmu, anggota band DCMC akan meminta Duster untuk mengenakan afro dan bergabung dengan band mereka lagi sementara. Saat kamu memiliki kontrol, buatlah Duster memeriksa afro dan memakainya. Sekarang, cukup tonton adegannya.

Setelah penampilan band dengan Duster selesai, sebuah pengumuman akan memberitahumu bahwa lift sekarang bisa mengakses lantai 100. Setelah selesai mengucapkan selamat tinggal kepada band, keluar dari ruangan ini dan kembali ke lift. Setelah mencapai lantai 100, kamu akan muncul di ruangan berumput yang tampak tidak normal untuk sebuah gedung pencakar langit. Akan ada mesin di sebelah kiri yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan HP/PP, serta katak yang berdiri di sekitar.

Untuk melanjutkan, kamu harus masuk ke air dari sisi kiri. Ada musuh Hippo Launcher di air, yang harus kamu lawan jika memeriksanya. Bagaimanapun, ikuti jalur air ke ruangan kanan. Buka kotak hadiah yang kamu temui untuk menerima Super Bomb. Lanjutkan ke ruangan atas, di mana kamu akan melihat seorang ilmuwan berdiri di samping Hippo Launcher di area kering. Keluar dari air dan lawan musuh itu. Setelah kamu mengalahkannya, ilmuwan itu akan mundur ke ruangan di depan.

Ketika kamu mendapatkan kendali lagi, masuk ke ruangan bawah terlebih dahulu. Di sana, buka kotak hadiah untuk menemukan Supreme Shoes untuk Duster, lalu keluar dari ruangan. Kembali ke ruangan pertama dan istirahat di mesin pemulihan. Setelah itu, kembali ke ruangan ketiga dan masuk melalui pintu atas kali ini.

Di ruangan baru ini, ikuti jalur ke kanan menuju area lain. Sesampainya di sana, masuk ke air dan ikuti kembali ke ruangan sebelumnya. Di sana, buka 2 kotak hadiah untuk menemukan Healthy Chicken dan beberapa Life Noodles. Bergerak menuju pintu lift di atas, dan kamu akan mendengar Pokey berbicara melalui pintu. Setelah teriakan selesai, periksa pintu dan naik ke atas.

Saat kamu tiba, masuk ke ruangan berikutnya. Di sana, bicaralah dengan semua orang dan kamu akan segera dipanggil oleh Pokey sekali lagi. Jika kamu butuh pemulihan HP, bicaralah dengan manusia-kuda di ruangan ini. Jika tidak, masuk ke ruangan berikutnya dan naik lift ke atas.

Toilet Rooms

Masuklah ke ruangan kiri, dan kamu sekarang harus menavigasi labirin yang terdiri dari beberapa lorong dengan 5 pintu, seperti yang kamu lihat di sini. Dari kiri, pintu #4 memiliki Pig Mask Commander untuk kamu lawan, pintu #3 memiliki kotak hadiah berisi Striker Gun, dan pintu #1 mengarah ke lorong kedua. Di set pintu kedua, pintu #5 memiliki pertempuran Pig Mask Commander, pintu #1 akan memiliki Men's Room Sign yang menyerangmu (masuk ke ruangan setelahnya untuk menemukan Honey Shower), dan pintu #2 mengarah ke lorong berikutnya.

Memasuki lorong ketiga, cukup masuk ke pintu paling kiri untuk mencapai lorong keempat. Di ruangan itu, Men's Room Sign di pintu tengah akan menyerang. Masuklah ke ruangan itu setelahnya dan lawan Pig Mask Commander, serta 2 Metallic Roaches, lalu buka kotak hadiah untuk menerima Red Collar untuk Boney. Masuk ke pintu #4 dari lorong akan mengarah ke set pintu berikutnya.

Di ruangan ini, sekelompok orang akan berlari melewatimu menuju ruangan-ruangan di depan. Simpan permainanmu dengan katak dan masuk melalui pintu paling kiri. Di lorong berikutnya, periksa pintu paling kanan dan pintu tersebut akan bergetar. Masuk ke ruangan untuk menemukan chimera dari laboratorium sebelumnya (jika chimera ini menangkapmu, itu adalah game over instan, jadi berhati-hatilah!). Ketika kamu melihatnya, keluar dari ruangan dan masuk ke pintu #4 (yang merah). Kembali ke lorong dan chimera akan berada di lorong sekarang. Masuklah dengan cepat ke ruangan tempat chimera itu keluar dan buka kotak hadiah untuk menemukan Amazing Ring untuk Lucas. Sekarang, keluar dan masuk melalui pintu #4 untuk mencapai ruangan baru.

Di ruangan berikutnya, kamu akan sampai di pintu raksasa. Masuklah ke dalamnya dan teruslah maju ke sebuah takhta, di mana Pokey akan berbicara dengan partimu. Setelah dia selesai mencemoohmu, berjalanlah di belakang takhta dan naiklah ke elevator ke level atas.

Empire Pokey Building

Saat tiba di lantai berikutnya dalam gedung, simpan permainanmu dengan katak yang ada di dekat situ. Di ruangan berikutnya, pergi ke kanan dan Pokey akan memanggilmu lagi. Kamu juga akan melihat rumah cangkang yang bisa dimasuki; di dalamnya ada 6 kotak hadiah, masing-masing berisi High-Class Banana jika kamu membutuhkannya. Setelah itu, masuklah ke ruangan berikutnya dan naiklah elevator ke area baru.

Di sini, kamu akan menemukan mesin di sudut belakang di mana kamu bisa memulihkan HP/PP kapan saja. Sembuhkan dirimu dan simpan permainanmu dengan katak, lalu pergi ke kanan. Kalahkan musuh Caterpillar Dog dan Metallic Snake di ruangan berikutnya, lalu lanjutkan ke kamar atas. Lawan musuh di beberapa ruangan berikutnya, dan kamu akan mencapai area aman dengan pekerja helm yang berdiri di sekitar.

Untuk melanjutkan, lari ke pria yang berdiri di platform yang menghadap ke jurang. Dia akan jatuh dan menggantung di sisi lain untuk berfungsi sebagai jembatan. Jadi, seberangilah dan pilih ke mana kamu akan pergi selanjutnya. Di ruangan atas, kamu bisa melawan 2 Metallic Snakes dan membuka kotak hadiah untuk menemukan Special Pizza. Masuk ke ruangan kanan dan temui pria yang berdiri di tepi untuk membentuk jembatan lainnya. Lintasilah dan masuk ke ruangan berikutnya, di mana kamu harus memanjat beberapa tangga. Di atas, aktifkan mesin dan itu akan melontarkan pria di papan ayun, akhirnya membentuk jembatan di bawah.

Sekarang, turunlah kembali dari tangga dan seberangi jembatan yang baru terbentuk, lalu ikuti jalur ke kanan sampai ke ruangan berikutnya. Di ruangan itu, kalahkan musuh dan ambil jalur atas yang menuju ke kanan. Di area berikutnya, kamu akan menemukan elevator berikutnya; saat kamu mendekatinya, Pokey akan mengejekmu lagi. Sebelum masuk, ambil jalur bawah ke kiri di mana kamu bisa menemukan kotak hadiah yang berisi Angel Gloves untuk Kumatora. Ketika kamu siap, naiklah elevator ke atas.

Di ruangan tempat kamu tiba, akan ada mesin pemulihan dan katak untuk menyimpan permainanmu. Setelah menggunakan keduanya, masuklah ke ruangan laboratorium kanan. Di sana, kalahkan Mecha Lion (musuh biasa kali ini), dan kamu akan dapat memilih untuk pergi ke atas atau kanan. Jika kamu pergi ke kanan, kamu akan menemukan beberapa musuh baru untuk dihadapi. Ada 2 kotak hadiah di area kanan bawah, berisi King Burger dan Magic Cake. Juga, jika kamu memasuki ruangan kanan atas, akan ada kotak hadiah lain yang berisi Dog's Weapon, yang merupakan satu-satunya senjata yang bisa dipasang untuk Boney dalam permainan ini!

Setelah menjelajahi area ini, kembalilah ke ruangan aman untuk beristirahat. Kemudian, masuklah ke ruangan kanan dengan Mecha Lion, tetapi kali ini pergilah ke ruangan atas. Di ruangan ini, ikuti jalur hingga menemukan percabangan. Pergi ke kiri akan membawamu ke kotak hadiah yang berisi Super Bomb, dan atas akan membawamu ke jalur percabangan lainnya. Ruangan atas memiliki ilmuwan yang bisa kamu ajak bicara, tetapi itu saja, jadi pergilah ke kanan.

Di ruangan kanan, kalahkan beberapa musuh lagi dan buka kotak hadiah di bawah untuk mendapatkan Archer Bracelet. Lanjutkan ke kanan laut dan ajak bicara resepsionis, lalu masuk ke ruangan berikutnya. Pergilah ke kiri melalui ruangan yang penuh dengan orang-orang yang terkurung dalam kaca, lalu Pokey akan mengejekmu lagi. Setelah itu, masuklah ke ruangan atas dan simpan dengan katak yang ada di sana.

Ketika kamu siap untuk melanjutkan, naiklah 3 set tangga dan masuklah ke ruangan di atas. Di sana, ajak bicara pria di pintu dan ikuti dia ke dalam ruangan. Ajak bicara pria yang sama lagi, dan kamu akan harus memainkan beberapa permainan melawan versi robotik dari Pokey untuk melanjutkan. Namun, kamu tidak bisa memenangkan salah satu patasn atau versi robotik Pokey akan memaksamu untuk bermain ulang. Jadi, kamu harus membiarkannya menang hampir setiap kali.

Untuk permainan pertama, robot Pokey akan mencetak 10 poin; tujuannya adalah memukul mulut dengan palu (tekan A). Kamu mendapatkan 1 poin untuk setiap Mole yang dipukul, dan tidak mendapatkan poin jika memukul pekerja helm. Ketika giliranmu dapatkan hanya 9 poin untuk melanjutkan. Setelah permainan ini, naiklah ke tangga berikutnya dan ajak bicara pria di ruangan berikutnya untuk masuk ke mini-game kedua. Kali ini, kamu harus berlari dalam perlombaan kaki melawan robot Pokey. Sekali lagi, biarkan robot mengalahkanmu dengan sedikit margin dan kamu akan bisa melanjutkan.

Naiklah tangga dan ajak bicara pria untuk memasuki ruangan mini-game ketiga. Kali ini, kamu harus menjadi yang pertama untuk mengembangkan balon hingga pecah. Untuk memulai permainan, berdirilah di belakang pompa dan tekan A. Balon itu sendiri akan melewati 4 tahap sebelum pecah, jadi pompa hingga bentuknya terbesar (tekan A berulang kali), lalu tunggu hingga robotik Pokey memecahkan balonnya terlebih dahulu. Permainan akan berakhir dan kamu akhirnya diizinkan untuk melanjutkan.

Sekarang setelah permainan selesai, naiklah ke tangga dan kamu akan mencapai katak dan sofa. Periksa sofa untuk beristirahat, lalu simpan dengan katak. Ketika kamu siap, naiklah ke level atas dan masuklah ke ruangan. Di sana, kamu akan diejek lagi oleh Pokey, sebelum harus menghadapi bos NK Cyborg raksasa di depanmu.

Setelah pertarungan selesai, cyborg raksasa akan dihancurkan. Jadi, kembalilah ke ruangan sebelumnya dan beristirahat/simpan sebelum melanjutkan ke ruangan berikutnya. Berlarilah ke atas di sepanjang lorong yang sangat panjang menuju ruangan di depan. Di ruangan berikutnya, periksa perahu dan naiklah ke dalamnya untuk melanjutkan. Nikmati perjalanan menyusuri aliran nostalgia dari Mother 2 (Earthbound) saat kamu melintas. Setelah itu, turunlah dan masuklah ke ruangan berikutnya.

Di ruangan berikutnya, gunakan mesin pemulihan dan simpan dengan katak di sana. Buka kotak hadiah untuk mendapatkan item kunci Octopus Eraser Machine. Kamu bisa memeriksa patung gurita untuk menghapusnya, karena itulah satu-satunya tujuan item kunci ini. Setelah itu, ketika kamu siap, masuklah ke ruangan atas. Ikuti lorong panjang menuju ruangan besar, di mana kamu akan bertemu seseorang yang tampaknya adalah Pokey. Setelah beberapa percakapan, kamu akan menyadari bahwa itu hanya robot. Tak lama setelah itu, kamu akan dikelilingi sepenuhnya dan harus melawan beberapa robot Pokey.

Akan ada 7 robot Pokey yang harus dilawan, bersama dengan musuh lain yang mereka bawa ke dalam pertarungan. Atasi 7 robot pertama, kemudian kelompok DCMC akan datang untuk membantumu mengeliminasi sisanya. Setelah pertarungan yang mendapatkan XP, kamu akan melihat kelompok DCMC di sekelilingmu. Flint dan Wes akan masuk, serta orang-orang lain dari awal permainan. Pokey akan berbicara lagi sebelum diturunkan agar kamu bisa melihat bentuk mumianya. Setelah cukup banyak percakapan, seluruh party-mu bersama Flint akan terjun bebas ke elevator yang sangat panjang menuju basement.

Basement

Setelah kelompokmu akhirnya jatuh di bawah, berbicaralah dengan Flint. Katakan ya dan dia akan berlari ke depan, meninggalkan party-mu sendirian. Ketika kamu siap, ikuti banyak set tangga dan tangga menurun melalui beberapa area berikutnya. Sebentar lagi, kamu akan menemukan katak dan kotak hadiah sedikit lebih jauh ke depan. Buka kotak hadiah dan itu akan berfungsi sebagai mata air panas; periksa kapan saja dan HP/PP party-mu akan sepenuhnya dipulihkan. Gunakan itu, lalu simpan dengan katak sebelum melanjutkan ke gua di depan.

Di dalam gua, ikuti jalur melalui ruangan-ruangan sambil melawan beberapa musuh Fenomena dan Mineral di sepanjang jalan. Akhirnya kamu akan menyusul Flint, yang tidak bisa melangkah lebih jauh. Seberangi jembatan di depan Flint dan kamu akan mencapai persimpangan jalan. Pergilah ke kiri untuk menemukan kotak hadiah yang berisi Genuine Bat untuk Lucas; lengkapi ini segera! Kemudian, menuju ke atas dan ikuti jalur sampai kamu dihadang oleh Pokey. Kali ini, itu yang sebenarnya, dan kamu harus bertarung.

Setelah pertarungan dengan Pokey, Dr. Andonuts akan berlari dan memeriksa kapsul raksasa. Ketika kamu mendapatkan kendali, turunlah tangga di belakangmu dan bicaralah dengan pria berbaju hijau; dia bisa menyimpan item yang tidak digunakan karena kamu pasti membutuhkan ruang saat ini. Ketika kamu siap, menuju ke atas dan ikuti jalur melalui beberapa area berikutnya.

Ketika kamu mencapai katak dan mata air panas, saatnya beristirahat. Pulihkan HP/PP di mata air panas, lalu simpan permainanmu dengan katak. Satu hal yang sangat penting untuk dicatat adalah bahwa ini adalah titik simpan terakhir dalam permainan, jadi pastikan kamu menggunakannya! Juga, jangan ragu untuk naik level di area sebelumnya, menggunakan lokasi ini sebagai tempat istirahat, jika kamu merasa siap. Jika tidak, pergilah ke kanan saat kamu sudah siap.

Ikuti jalur yang berbelok ke atas ke area terakhir. Terus bergerak sampai kamu bertemu dengan pria bertopeng di depan jarum terakhir di tanah. Dia akan mencoba menghabisimu dengan pedang petirnya, tetapi Lencana Franklin mencegah hal ini. Kamu kemudian secara otomatis akan masuk ke dalam pertempuran satu lawan satu dengan Lucas melawan bos ini.

Setelah pertarungan, katakan ya kepada Flint saat dia mengawasi Claus dan Lucas akan menarik jarum terakhir dari tanah. Tonton adegan yang sangat panjang, kemudian layar akan memudar menjadi hitam dan akan tertulis END? Ini bukan akhir, terus berjalan ke kiri dan akan ada banyak dialog dari berbagai orang yang berbicara kepadamu. Setelah beberapa lama, dialog akan berakhir dan akhir yang sebenarnya akan dimulai. Selamat atas penyelesaian Mother 3!

Posting Komentar